Sabtu 02 Mar 2019 00:37 WIB

Vaksinasi Rabies Hewan Peliharaan Gratis di Muba

Program vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan akan berlangsung selama Maret 2019

Rep: Maspril Aries/ Red: Andi Nur Aminah
Vaksinasi rabies (ilustrasi)
Foto: Republika/Ita Nina Winarsih
Vaksinasi rabies (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan setempat melaksanakan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan warga gratis. Program vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan tersebut akan berlangsung selama Maret 2019.

“Terhitung mulai awal Maret akan dilaksanakan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan warga tanpa dipungut bayaran atau gratis. Bawa hewan peliharaan jenis anjing, kucing dan kera untuk mendapat vaksinasi rabies,” kata Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan A Thamrin, Jumat (1/3).

Baca Juga

Jadwal vaksinasi rabies gratis ini di Sekayu, Ibu Kota Kabupaten Muba dibuka Senin hingga Kamis. Pada pagi hari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB dan siang hari pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Menurut Thamrin, vaksinasi rabies dipusatkan di UPT Pusat Kesehatan Hewan yang terletak di depan Kantor Bank Sumsel Babel.

Pemkab Muba melaksanakan vaksinasi rabies gratis karena masih banyak warga yang memelihara hewan di rumah namun belum dilakukan vaksinasi. “Kalau sudah dilakukan vaksinasi rabies, interaksi dengan hewan peliharaan jadi lebih aman,” ujar Thamrin.

Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Tharin mengimbau warga Muba pemilik hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan monyet, untuk membawa hewannya diberi vaksin rabies. “Jangan sampai ada korban yang membahayakan karena hewan peliharaan belum diberi vaksinasi rabies. Kami merasa perlu menggratiskan vaksinasi rabies agar warga lebih tergerak membawa hewan peliharaan masing-masing,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan akan dilakukan oleh tiga orang dokter hewan yang akan melayani warga untuk memberi vaksinasi hewan peliharaan. “Ayo bawa hewan peliharaan supaya diberi vaksinasi rabies,” imbau Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan  A Thamrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement