Senin 18 Feb 2019 16:41 WIB

KPU Banyumas Distribusikan Kotak Suara Jelang Pemilu

Ini dimaksudkan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya kerusakan kotak suara

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Seorang jurnalis memeriksa kondisi kotak suara yang rusak
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Seorang jurnalis memeriksa kondisi kotak suara yang rusak

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kasus kerusakan kotak suara di berbagai daerah akibat terkena air hujan menjadi pelajaran berharga bagi KPU Kabupaten Banyumas. Untuk itu, dalam pengiriman kotak suara ke masing-masing PPK (Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan), KPU Banyumas baru akan mulai mendistribusikan menjelang pelaksanaan pemilu.

''Ini dimaksudkan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya kerusakan kotak suara, mengingat tidak semua PPK memiliki tempat penyimpanan atau gudang yang memadai,'' jelas Komisioner KPU Banyumas Bidang Teknis Penyelenggaraan, Hanan Wiyoko, Senin (18/2).

Dia menyebutkan, menyusul rencana pengiriman logistik pemilu ini,  pihaknya melakukan pengecekan mengenai kondisi tempat penyimpanan logistik di masing-masing PPK.  Antara lain, dengan meminjam ruangan aula kantor-kantor kecamatan. ''Namun kenyataannya tidak semua kantor kecamatan memiliki aula yang memadai untuk menyimpanan logistik,'' jelasnya.

Untuk itu, pihaknya memutuskan baru akan mulai melakukan pengiriman seluruh logistik pemilu pada saat menjelang pemilu. ''Hal ini dimaksudkan agar resiko terjadinya kerusakan logistik bisa dihindari,'' katanya.

Dia menyebutkan, seluruh logistik kebutuhan pemilu di Banyumas, saat ini masih tersimpan di bangunan gudang yang disewa KPU. Kondisi bangunan gudang KPU dinilai cukup representatif, mengingat kondisi gudang yang bebas banjir dan tidak terjadi kebocoran.

''Sejauh ini, seluruh logistik pemilu yang sudah diterima KPU Banyumas dari KPU Pusat masih utuh, tidak ada yang mengalami kerusakan. Secara periodik kami juga selalu melakukan pemeriksaan, sehingga setiap ada masalah dalam hal penyimpanan pasti kami ketahui,'' katanya.

Hanan menyebutkan, untuk kebutuhan kotak suara yang terbuat dari bahan kardus, saat ini pihaknya sudah menerima hampir seluruh kebutuhan kotak suara sebanyak 27.482 unit. ''Untuk kebutuhan kotak suara hanya tinggal kurang sekitar 300 unit. Kami sudah menyampaikan kekurangan ini pada KPU pusat, dan masih menunggu kiriman selanjutnya,'' katanya.,

Seluruh kotak suara, menurut Hanan, masih tersimpan dalam bentuk lembaran terbungkus plastik.  Demikian juga dengan bilik suara, yang juga terbuat dari kertas kardus. ''Rencananya, penginstalan kotak dan bilik suara baru akan dilakukan di PPK. Penginstalan kita lakukan belakangan, karena kalau sudah diinstal sekarang akan sangat menyita tempat penyimpanan,'' jelasnya.

Selain kotak suara dan bilik suara, Hanan mengakui, kebutuhan logistik lain berupa ATK (Alat Tulis Kantor) dan berbagai kebutuhan lain, sudah diterima dari KPU Pusat. ''Yang belum kita terima, hanya tinggal surat suara. Informasinya, surat suara untuk Kabupaten Banyumas baru akan dikirim sekitar akhir Februari 2019,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement