Rabu 16 Jan 2019 20:09 WIB

Polisi Siapkan Empat Lapis Pengamanan Debat Capres

Sebanyak 2.000 polisi dikerahkan untuk mengamankan debat Pilpres 2019.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya menyiapkan empat lapis pengamanan debat calon presiden putaran pertama yang diadakan Komisi Pemilihan Umum di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Sebanyak 2.000 polisi dikerahkan untuk mengamankan debat perdana capres-cawapres Pilpres 2019.

"Di lokasi (pengamanan) kita bagi empat ring," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono di Jakarta, Rabu (16/1).

Ia menjelaskan, ring pertama berada dalam ruangan debat. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan memimpin pengamanan dalam ruangan. "Di luar ruangan, ring dua, pihak Kepolisian dan TNI yang akan berjaga," kata Argo.

Sementara itu, pengamanan ring tiga berada di luar hotel dan Kompleks Perkantoran Bidakara. Terakhir, pengamanan ring empat ditempatkan di luar lokasi debat. "Pengamanan ring empat dikawal dari jajaran Direktorat Lalu Lintas dan Sabhara," katanya.

Argo menyebut, Polda Metro Jaya berencana mengerahkan hampir dua ribu personel untuk mengawal debat capres putaran pertama yang bertema hukum, HAM dan terorisme.  elain dari polisi, juga dilibatkan para personel TNI dan pengamanan internal Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengamankan debat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, mengatakan semua sudah dilakukan dengan komprehensif. "Penyekatan (massa pendukung) agar tidak terjadi bentrok fisik," ucapnya.

Dia pun mengimbau agar para pendukung dan masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif selama berlangsungnya debat. Acara debat akan diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Debat perdana ini akan mengangkat tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Acara ini akan dipandu oleh jurnalis senior Ira Koesno dan Imam Priyono.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement