Kamis 03 Jan 2019 15:42 WIB

Rudiantara Coba Akses Palapa Ring Tengah dengan Video Call

Ia mencoba kecepatan jaringan Palapa Ring Tengah di Desa Muhajirin, Maluku Utara

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani
Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.
Foto: kominfo.go.id
Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mencoba kecepatan jaringan Palapa Ring Tengah di Desa Muhajirin, Morotai, Maluku Utara, Rabu (2/1). Percobaan tersebut dilakukan dengan melakukan panggilan video bersama Menteri Pemberdayaan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo yang ada di Jakarta.

Palapa Ring paket tengah ini sebelumnya telah rampung pada tanggal 21 Desember 2018. Ia mengatakan, dengan begitu ke depannya seorang menteri bisa dengan mudah berhubungan langsung dengan kepala desa di daerah lain.

"Bisa dibayangkan ke depan, seorang Menteri Desa dapat berhubungan langsung dengan tiga kepala desa sekaligus dari 75 ribu kepala desa hanya dengan menggunakan ponsel saja. Inilah bentuk cepatnya perkembangan teknologi yang kita bisa manfaatkan untuk bangsa ini," kata Rudiantara, dikutip dari keterangan tertulis.

Sebelumnya, Rudiantara juga menyapa Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Raden Sadjad Kolonel Pnd Prasetiya Halim di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, melalui cara yang sama. Akses internet di tempat tersebut menggunakan layanan Palapa Ring Barat yang sudah bisa digunakan sejak Maret 2018.

Menteri Kominfo menuturkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring dilakukan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Hal ini merupakan bentuk saling komplemen antara operator dengan BAKTI. 

"Dimana operator pada umumnya fokus di daerah yang dianggap visible secara bisnis. Sedangkan BAKTI fokus di daerah yang tidak visible secara bisnis, dan dianggap tidak ada return," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement