Kamis 03 Jan 2019 14:52 WIB

Bangun Underpass Kentungan, Sejumlah Jalan akan Ditutup

Pengalihan arus lalu lintas ini dibagi menjadi tiga zona.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas melakukan rekayasa Arus lalulintas (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Petugas melakukan rekayasa Arus lalulintas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah akan memulai pembangunan Underpass Kentungan, Jalan Kaliurang, Depok, Sleman, DIY, pada 14 Januari 2019 nanti. Pembangunan underpass ini ditargetkan selesai pada 31 Desember 2019.

Untuk itu, akan dilakukan berbagai pengalihan arus lalu lintas disekitar kawasan pembangunan. Pengalihan arus sendiri dilakukan berdasarkan kesepakatan dari seluruh pihak yang terlibat.

"Dampak Kentungan ditutup itu tidak hanya di Sleman, Kota dan Bantul juga. Jadi akan ada pengalihan arus, di mana semua ikut berperan yang tergabung dalam Forum Lalu Lintas, terdiri dari Dishub DIY, kab/kota, PU dan kepolisian. Kemudian perguruan tinggi dan Jogja Traffic Watch," kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub DIY, Anna Rina Herbranti kepada Rebublika.co.id, Kamis (03/01).

Ada beberapa akses jalan di kawasan pembangunan proyek yang akan ditutup dan dialihkan. Berdasarkan data yang diperoleh Republika dari Anna, skema dari  pengalihan arus lalu lintas ini dibagi menjadi tiga zona.

Zona pertama, kendaraan yang menuju Magelang dapat menggunakan jalur alternatif dengan melewati Jalan Kalasan-Cangkringan. Di Simpang Maguwoharjo, bagi kendaraan yang akan menuju Jalan Magelang, Wates, Purworejo dan Kebumen akan diarahkan melalui Ringroad Selatan.

Skema di zona kedua, jalur alternatif menuju Jalan Magelang yang dilalui via Ringroad Utara akan dialihkan ke Jalan Kaliurang. Kendaraan bisa menggunakan jalan alternatif di Jalan Damai dan Jalan Kapten Hariyadi sebelum melewati Jalan Gito Gati. Jalur alternatif ke Klaten dan Solo akan diarahkan melewati Simpang Gandok di KM 9 Jalan Kaliurang.

Di zona tiga, pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan di titik-titik jalan yang berdekatan langsung dengan area pembangunan proyek underpass. Jalur yang terdampak pengalihan arus yaitu kawasan Pogung Lor, Peulemburan dan Kentungan, di mana seluruh akses jalan menuju kawasan pembangunan proyek akan ditutup dan dialihkan.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Polres Sleman Ipda Gembong  Widodo mengatakan, pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail baik zona, rute dan jalur alternatif yang disiapkan. Pihaknya pun masih melakukan koordinasi dengan pihak lainnya, terkait rute pengalihan arus lalu lintas akibat pembangunan underpass ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement