Rabu 02 Jan 2019 11:11 WIB

Malam Pergantian Tahun di Padang tak Sisakan Sampah Menumpuk

Pemkot Padang tidak menambah personel petugas kebersihan.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Suasana Pesta kembang api pada malam tahun baru di Pesisir Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (1/1/2019).
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Suasana Pesta kembang api pada malam tahun baru di Pesisir Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (1/1/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Malam pergantian tahun di Kota Padang tidak menyisakan tumpukan sampah di pusat-pusat keramaian. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin mengungkapkan, volume sampah yang dikumpulkan dalam satu hari pada Senin (31/12) kemarin sebanyak 450 ton.

Angka ini menurun dibanding volume sampah yang terkumpul pada malam pergantian tahun 2018 lalu, yakni sekitar 600 ton. Bahkan Amin mengklaim bahwa sampah yang dikumpulkan sepanjang hari terakhir 2018 kemarin tak lebih banyak dibanding volume sampah pada hari-hari biasa.

"Tidak ada penambahan sampah di tahun baru. Ini merupakan bukti sudah ada kebiasaan masyarakat tidak keluar di malam tahun baru," kata Amin, Selasa (1/1).

Turunnya volume sampah pada malam pergantian tahun di Kota Padang juga diyakini sebagai imbas dari imbauan Wali Kota Padang agar warga tidak melakukan aktivitas yang bernuansa hura-hura. Melalui surat edaran nomor 451.670/Kesra-2018, Pemkot Padang mengimbau warga untuk mengisi malam tahun baru dengan berzikir dan muhasabah di masjid-masjid atau mushala yang tersebar di Kota Padang.

Bahkan, Wali Kota Padang memusatkan kegiatan zikir dan muhasabat oleh Pemkot Padang di Masjid Agung Nurul Iman. "Kami juga tidak menambah jumlah personel kebersihan. Kawan-kawan bekerja seperti biasa saja. Jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya, petugas kami kerja lembur untuk bersihkan sampah," ujar Amin.

Meski volume sampah yang tersisa dari malam pergantian tahun menurun drastis, petugas kebersihan tetap membersihkan pusat-pusat keramaian dari sisa sampah pengunjung. Sebagian besar sampah terutama dikumpulkan dari kawasan Pantai Padang. Amin menyebutkan, sebelum tahun 2017 lalu volume sampah yang tersisa setiap malam pergantian tahun rata-rata sebanyak 750 ton.

Kawasan Pantai Padang yang dengan cepat kembali bersih diakui oleh Indra (25 tahun), seorang pengunjung. Indra mengapresiasi langkah Pemkot Padang yang dengan cukup sigap melakukan pembersihan di pusat-pusat keramaian yang semalam dipadatai warga yang ingin menghabiskan pengujung tahun 2018.

"Tadi lewat di Cimpago (Pantai Padang) dan kondisinya bersih seperti biasa," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement