Kamis 27 Dec 2018 19:18 WIB

Distribusi Terganggu, Harga Ayam Broiler Capai Rp 40 Ribu

Padahal harga ayam potong dari peternak tidak naik.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yusuf Assidiq
Penjual daging ayam di pasar tradisional.
Foto: Bowo Pribadi.
Penjual daging ayam di pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -– Jelang pergantian tahun, beberapa harga komoditi sembilan bahan pokok di DIY terpantau naik signifikan. Seperti daging ayam broiler, cabai rawit merah, cabai keriting, hingga sayur brokoli.

“Harga ayam broiler sejak Sabtu (22/12) naik dari sebelumnya Rp 36 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram,” kata pedagang ayam potong di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Partini, kepada Republika.co.id.

Menurutnya, hal itu dikarenakan distribusi tidak lancar, akibat jalanan macet. Ia menuturkan, distributor yang memasok daging ayam ke tempatnya, mengambil ayam dari peternakan di Temanggung.

"Biasanya dalam sehari, distributor ayam itu mengirim ayam potong ke Pasar Beringharjo bisa sampai tiga kali. Tetapi sejak Sabtu hanya sekali datang. Karena di mana-mana macet," ujarnya.

Padahal harga ayam potong dari peternak tidak naik. “Saya menjual ayam masih belum dikuliti hanya Rp 27 per kg. Biasanya biaya untuk menguliti Rp 8.000 per ekor."

Sejak liburan Natal dan Tahun Baru, lalu lintas di wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya memang macet dan di sepanjang jalan dipenuhi mobil maupun bus dari luar DIY. Liburan dan juga banyaknya hajatan mempengaruhi kenaikan harga komoditi bahan pokok.

Sementara itu, harga cabai rawit sudah mencapai Rp 50 ribu per kg. Padahal pekan lalu harganya Rp 40 ribu per kg. “Sekarang sudah Rp 50 ribu per kg,” kata Sutinah, pedagang cabai dan sayuran di Pasar Beringharjo.

Ia mengatakan pengiriman cabai rawit merah ke Pasar Beringharjo  berkurang karena banyak yang langsung dikirim ke Jakarta. Untuk harga sayuran yang meningkat tajam adalah brokoli, sekarang sudah mencapai Rp 30 ribu per kg, sedangkan pada awal Desember masih Rp 18 ribu per kg.

Kepala Seksi Pengadaan dan Penyaluran Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY, Wahyu Guntur Anggoro, mengakui komoditas cabai rawit merah langsung dikirim ke Jakarta. Di samping itu, kenaikan harga juga dipengaruhi oleh banyaknya wisatawan yang masuk ke DIY, serta banyaknya hajatan pada akhir tahun.

Dari  pantauan harga yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY di tiga  pasar di Kota Yogyakarta (Beringharjo, Kranggan, dan Demangan ) harga rata-rata ayam broiler Rp 38.667 per kg. Harga tersebut naik sekitar  Rp 3.667 (9,48 persen) dibandingkan kemarin.

Harga cabai keriting merah naik menjadi Rp 23.667, sedangkan sehari sebelumnya Rp 23 ribu per kg. Sedangkan pada awal Desember harganya masih Rp 19 ribu per kg.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement