Senin 24 Dec 2018 16:55 WIB

Dinas LH Jamin tidak Ada Penumpukan Sampah Saat Natal

DLH menyiagakan tim di lapangan yang bekerja sama dengan kelurahan terkait.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gita Amanda
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji.
Foto: Republika/Mimi Kartika
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjamin tidak akan ada penumpukan sampah selama perayaan Natal di Jakarta, Selasa (25/12) esok. Sejumlah petugas tetap bekerja menangani sampah meski hari libur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji menyampaikan, kegiatan penanganan sampah selama Natal tetap berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk mengantisipasi membeludaknya sampah pada esok hari, pihaknya juga telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas dan armada penanganan sampah.

“Seluruh Suku Dinas dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap gereja di wilayahnya, saat malam Natal dan rangkaian perayaannya,” kata Isnawa, Senin (24/12).

Dia menjelaskan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiapkan kendaraan angkut sampah, mobil penyapu jalan (road sweeper), menyiapkan toilet mobile, dan menyiagakan TPST Bantar Gebang  beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan pada malam Natal serta menyiagakan tim di lapangan yang bekerja sama dengan kelurahan terkait.

Di lokasi perayaan dan tempat ibadah saat Natal, petugas serta armada penanganan kebersihan akan ditugaskan lebih optimal. Gereja Katedral dan Emanuel di Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu di Jakarta Selatan, dan Gereja Theresia di Jakarta Timur akan menjadi fokus kerja tim kebersihan.

Selain itu, selama libur Natal, lanjutnya, pihaknya  juga mengantisipasi penanganan kebersihan di tempat-tempat wisata ibu kota. Seperti di Kawasan Monas, TMR Ragunan, Kawasan Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah.

“Walaupun tempat-tempat wisata tersebut ada pengelolanya, penanganan kebersihannya kita backup untuk menjamin kualitas layanan yang dirasakan warga,” kata Isnawa.

Di setiap tempat wisata dan pusat keramaian akan disiapkan bus toilet, mobil sapu jalan otomatis, dust bin dan truk sampah compactor, serta petugas gerobak motor yang setiap dua jam sekali melakukan penyisiran sampah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement