Sabtu 22 Dec 2018 07:45 WIB

Libur Tahun Baru, Penjaga Pantai di Sukabumi Siap Diturunkan

Petugas penjaga pantai dari Balawista butuh dukungan penuh pemerintah daerah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Didi Purwadi
Pantai Palabuhanratu
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Pantai Palabuhanratu

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Momen liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2019 diperkirakan akan menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan ke obyek wisata pantai di Kabupaten Sukabumi meningkat. Hal tersebut diantisipasi petugas dengan meningkatkan penjagaan di kawasan pantai.

‘’Kami sebenarnya sudah siap untuk diterjunkan untuk menjaga kawasan pantai selama momen liburan,’’ ujar Kepala Divisi Operasional, SDM, dan Diklat, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh kepada Republika.co.id, Jumat (21/12).

Asep menuturkan Balawista sudah menyiapkan anggota sebanyak 104 orang di 18 pos penjagaan. Belasan pos ini berada di Pos Cibangban, Nambo Cisolok, Karanghawu, Kebon Kelapa, Karanghawu Koramil, dan Sanset Ina Samudra. Pos lainnya berada di Katapang Condong, Istiqomah, Kebon Kelapa Citepus, Muara Citepus, NR depan Bale Desa Citepus, Karangsari Palabuhanratu.

Selain itu Palampang Cileutuh, Pangumbahan, Cibuaya, Ujunggenteng dan Minajaya Surade. Dari 18 pos itu, baru tujuh pos yang sudah ada tempat khusus pantauannya. Sementara, 11 pos lainnya anggota penjaga pantai berteduh di warung-warung.

Namun sayangnya, kata Asep, kesiapan tersebut belum mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pemerintah daerah. Petugas penjaga pantai dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi hingga kini belum mendapatkan dukungan kebutuhan operasional dari Pemkab Sukabumi.

Hal tersebut didasarkan pada pertemuan rapat koordinasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 yang dilakukan pada Selasa (18/12) lalu. Sehingga, Balawista menunggu kepastian dari pemerintah khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi terkait dukungan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Dana Budiman, menanggapi persoalan belum adanya perhatian dari pemda terkait pengamanan pantai selama momen liburan. ‘’Pengamanan liburan menjadi tugas aparat kepolisian,'' ujar Dana singkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement