Rabu 19 Dec 2018 08:26 WIB

Mahasiswa UBSI Bogor Belajar Web Developer dari Pakar

Menjadi seorang web developer bukan hal yang sulit.

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar seminar mengenai web developer.
Foto: Dok UBSI
Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar seminar mengenai web developer.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Bogor belajar menjadi web developer handal kepada  Peter J Kambey. Ia adalah head of executive PHP Indonesia.

Kegiatan belajar web developer  tersebut dilaksanakan dalam rangkaian  kegiatan seminar web yang diselenggarakan oleh Program Studi Sistem Informasi UBSI. Seminar yang mengusung tema Build a Modern Web and Become a Reliable Web Developer ini diselenggarakan di UBSI Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/12).

Peter J Kembey mengatakan,  menjadi seorang web developer bukan hal yang sulit. Ada tiga poin penting untuk menjadi seorang web developer yang handal.

“Pertama itu, yaitu disiplin, determination, dan peduli. Tiga poin tersebut penting bagi seorang web developer,” kata Peter J Kembey melalui rilis UBSI yang diterima Republika.co.id, Selasa (18/12).

Ia menambahkan,  pengetahuan tentang teknologi web terkini akan membantu seorang  web developer membangun sebuah aplikasi. “Sebab,  teknologi web sebagai jembatan dari aplikasi satu dan lainnya. Seperti Client Service, Web Service Cloud dan teknologi lainnya,” ujarnya.

Peter juga menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan untuk menjadi web developer adalah  belajar PHP dari tingkat basic, intermediate dan advance. “Karena PHP memiliki banyak komunitas untuk berdiskusi membantu permasalahan programming,” imbuhnya.

Selain itu, Peter melanjutkan, ada tiga tolak ukur yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang web developer, yakni attitude, knowledge dan skills.

“Banyak programmer yang gagal karena tidak memiliki attitudes yang baik. Kesalahan para programmer itu tercermin dari sikapnya yang tidak menghargai waktu, menepati janji akan progress aplikasi yang dibuat serta berhubungan dengan klien,” kata Peter.

Sedangkan terkait  knowledge, lanjut Peter, pengetahuan yang harus dikuasai tentang teknologi web terkini, belajar dan belajar dari mana saja. Dan terakhir adalah skills, yaitu kemampuan yang dimiliki berdasarkan pengetahuan yang didapat. Berlatih dan terus berlatih mengembangkan kemampuan diri.

“Semoga pemaparan materi ini memberikan pengetahuan, keyakinan serta meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa UBSI untuk mencoba berkarir menjadi seorang web developer,” tutup Peter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement