Kamis 22 Nov 2018 07:04 WIB

Trotoar Kotabaru Siap Dioperasikan Akhir Desember

Pengerjaan trotoar telah rampung 10 persen.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Friska Yolanda
Ilustrasi revitalisasi trotoar
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ilustrasi revitalisasi trotoar

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Revitalisasi trotoar dan boulevard di kawasan cagar budaya Kotabaru, Kota Yogyakarta, terus dikebut pengerjaannya. Revitalisasi ini ditargetkan rampung pada pertengahan Desember 2018 nanti. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PU PKP) Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono mengungkapkan, pengerjaan untuk trotoar telah mencapai 90 persen. Ia pun optimistis pengerjaan ini akan selesai tepat waktu. 

"Kalau pedestriannya selesai tanggal 23 (Desember), kalau yang boulevardnya 24 Desember. Kita optimistis selesai (tepat waktu)," kata Agus kepada Republika.co.id, Rabu (21/11). 

Dengan target tersebut, ia berharap trotoar dan boulevard ini dapat dioperasikan pada akhir Desember. Untuk boulevard sendiri, masih dalam tahap finishing dan penanaman tanaman. 

"Sekarang kan tinggal penanaman tanaman (di boulevard) sama finishing pojok-pojok (boulevard) itu. Juga tinggal pemasangan lighting nantinya," kata Agus. 

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPKP Kota Yogyakarta, Umi Akhsanti menuturkan, untuk boulevard sendiri pengerjaannya sudah mencapai 85 persen. Penanaman pohon di Boulevard diijadwalkan akan selesai pada akhir November ini. 

"Tanamannya nanti ada Soka, ada Ararea, ada kacang-kacangan, Sepatu Filum. Kalau Anggreknya dipasang di pohon tinggi," kata Umi. 

Revitalisasi trotoar dan boulevard Kotabaru ini sudah diajukan sejak awal Juli 2018 lalu. Pembangunannya tidak menggunakan APBD melainkan menggunakan Dana Keistimewaan DIY. 

Total anggaran Rp 11, 5 miliar yang dikucurkan untuk revitalisasi ini. Rinciannya, untuk trotoar dianggarkan sebesar Rp 9,5 miliar dan Rp 2 miliar untuk boulevard. 

Lebar trotoar yang direvitaslisai mencapai 2,5 meter. Sementara panjangnya mencapai 500 meter untuk tiap sisi kiri dan sisi kanan trotoar. 

Untuk boulevard, ada empat boulevard yang dibangun. Tiap boulevard akan dilengkapi dengan taman kecil yang diisi dengan tanaman 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement