Jumat 26 Oct 2018 14:39 WIB

Jokowi: Kolaborasi Anak Muda Jadi Kunci Kemajuan Indonesia

Jokowi menilai anak muda bisa berpikiran out of the box, menyusun ide dan gagasan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan sambutan dalam pembukaan Ideafest di  JCC, Jakarta, Jumat (26/10).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan sambutan dalam pembukaan Ideafest di JCC, Jakarta, Jumat (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolaborasi merupakan kunci yang penting untuk melakukan perubahan yang besar di Indonesia. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan,  anak muda merupakan kelompok yang akan melakukan pergerakan tersebut.

"Saya yakin yang akan menggerakan ke depan adalah saudara semua," kata Jokowi saat membuka acara "IdeaFest X TheNextDev 2018", Jakarta, Jumat (26/10).

Perubahan yang terjadi di era saat ini sangat melaju cepat. Jokowi menilai, yang bisa mengejar itu adalah anak muda yang mau berkolaborasi satu dengan yang lainnya. 

Dengan kolaborasi antar anak muda ini yang melahirkan teknologi dan inovasi baru untuk kemajuan Indonesia.  Hal ini sejalan dengan ide IdeaFest yang mencoba mengumpulkan anak muda untuk berbicara tentang inovasi dan teknologi.

Penyelenggaraan IdeaFest ini, menurut Presiden RI, membuat anak muda bisa berpikiran out of the box, menyusun ide dan gagasan. Kemudian, anak muda pun perlu mengeksekusinya dengan cara kolaborasi agar bisa menghadapi tantang.

"Ide-ide brilian ini jangan sampai terlewatkan begitu saja kalau tidak diiringi dengan eksekusi yang cerdas," ujar Jokowi.

Melalui kolaborasi ini, Jokowi mengharapkan, nantinya anak muda dapat memenangkan kompetisi dan persaingan secara global. Dengan memenangkan ini pun akan menempatkan menjadi bangsa yang besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement