Ahad 21 Oct 2018 23:33 WIB

Pemkab Probolinggo Kampanyekan Gerakan Sadar Wisata

Gerakan Sadar Wisata digelar bersama dengan Kementerian Pariwisata

Wisatawan berkuda menuju puncak Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (21/7).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Wisatawan berkuda menuju puncak Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mengampanyekan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat bagi kemajuan kepariwisataan Indonesia.

"Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona itu memiliki manfaat yang luar biasa untuk kemajuan dan perkembangan potensi wisata khususnya destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Probolinggo M Sidik Widjanarko di Probolinggo, Ahad (21/10).

Ia mengatakan langkah ini dilakukan Disporaparbud Probolinggo bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata."Kami sudah menggelar acara Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di objek wisata Pantai Bentar di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending pada Sabtu (20/10)," katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Kemenpar Arum Darmaningtyas, Camat Gending Muhamad Ridwan bersama anggota Forkopimka Gending, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo, pelaku jasa wisata, asosiasi profesi dan masyarakat sekitar Pantai Bentar."Gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona merupakan salah satu dari 10 program proritas Kemenpar untuk mendorong sinegritas pemerintah dengan stakeholder dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif bagi kepariwisataan Indonesia," tuturnya.

Ia berharap gerakan itu dapat mendorong pengembangan potensi wisata di Kabupaten Probolinggo agar lebih maju dan berkembang. Kemudian dapat menyatukan seluruh komponen pelaku aksi wisata maupun para pelaku jasa wisata, sehingga wisatawan dapat menikmati wisata di Kabupaten Probolinggo dan memiliki kesan yang baik.

Sementara perwakilan dari Kemenpar Arum Darmaningtyas mengatakan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona merupakan implementasi salah satu unsur sapta pesona yaitu aman dan bersih.

"Kegiatan bersih-bersih di Pantai Bentar merupakan rangkaian kegiatan untuk menyosialisasikan Sadar Wisata dan Sapta Pesona guna mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan," ujarnya.

Kemenpar juga memberikan bantuan alat-alat kebersihan yang diterima langsung oleh Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko yang dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan di dalam kompleks wisata Pantai Bentar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement