Senin 08 Oct 2018 19:14 WIB

Kirab Seni Budaya Tampilkan Keunggulan Desa Sumbermulyo

Seluruh warga diharapkan dapat berperan aktif dalam pengembangan desa.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kirab seni budaya menampilkan berbagai kesenian yang bernuansa budaya Jawa dan hasil bumi yang ada di Desa Sumbermulyo.
Foto: Silvy Dian Setiawan.
Kirab seni budaya menampilkan berbagai kesenian yang bernuansa budaya Jawa dan hasil bumi yang ada di Desa Sumbermulyo.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL--Semarak peringatan hari jadi Desa Sumbermulyo ke-72 mewarnai lapangan Lapangan Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan puncak peringatan tersebut dengan menggelar Kirab Seni Budaya dengan menampilkan berbagai kesenian yang bernuansa budaya Jawa dan hasil bumi dari 16 dusun yang ada di Desa Sumbermulyo.

Kegiatan kirab  dilakukan dengan menempuh jarak sekitar 2,5 kilometer oleh seluruh warga di Desa Sumbermulyo. Kesenian yang ditampilkan dalam kirab tersebut di antaranya seperti tokoh perwayangan atau wayang orang, bregada, hingga replika hewan. Sementara itu, juga ditampilkan hasil bumi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan hasil dari perkebunan warga di Desa Sumbermulyo.

Wakil ketua panitia hari jadi Desa Sumbermulyo ke-72, Ronggo Warsito mengungkapkan, ditampilkannya berbagai kesenian dan hasil bumi ini merupakan upaya untuk melestarikan budaya DIY. Pun juga bertujuan untuk menggali potensi yang ada di DIY, khususnya di Desa Sumbermulyo.

"Kalau kesenian itu potensi padukuan (dusun), dan itu potensi kebun juga dipamerkan. Kita mencoba memperlihatkan budaya yang ada di dusun masing-masing," kata Ronggo di sela-sela acara, Senin (8/10).

Ronggo pun menceritakan asal-usul dari terbentuknya Desa Sumbermulyo. Desa ini, pada awalnya terbentuk dari empat kelurahan yang bergabung menjadi satu yaitu Desa Sumbermulyo. Penggabungan dari empat kelurahan ini terjadi pada 8 Oktober 1946 silam.

"Sejarahnya bisa bergabung karena dulu ada maklumat yang berakhirnya perang Jepang yang kalah itu. Jadi empat kelurahan itu dibentuklah jadi satu. Sudah lima periode lurah yang diganti," katanya.

Di hari jadi Desa Sumbermulyo yang ke-72 ini, ia berharap kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. Untuk mewujudkan hal tersebut, peningkatan sumber daya manusia, hasil bumi, juga keseniannya akan terus dikembangkan.

Bupati Bantul, Suharsono, yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, momentum hari jadi Desa Sumbermulyo ini agar dapat dijadikan sebagai upaya untuk memperkuat kerukunan antar sesama warga masyarakat.

Ia pun berpesan kepada seluruh warga desa agar dapat menjadi pionir dalam membangun desanya sendiri. Diharapkan, seluruh warga dapat berperan aktif dalam pengembangan desa.

"Semoga hari ulang tahun ke-72 ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat khususnya Desa Sumbermulyo," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement