Kamis 04 Apr 2024 21:54 WIB

Bantul Sudah Siap Sambut Pemudik dan Wisatawan

Bantul telah menyiapkan berbagai hal.

Wisatawan bermain kano di Sungai Oya, Wisata Alam Kedungjati, Bantul, Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wisatawan bermain kano di Sungai Oya, Wisata Alam Kedungjati, Bantul, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut kedatangan pemudik dan wisatawan yang masuk dan berkunjung ke kabupaten ini dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Kamis (4/4/2024) mengatakan, berdasarkan hasil kajian bersama Kepolisian RI, diperkirakan sebanyak 11,7 juta orang akan datang ke wilayah DIY yang tersebar ke lima daerah, dan diperkirakan yang datang ke Bantul sekitar 3,5 juta orang.

Baca Juga

"Dengan peristiwa mudik ini tentu ada banyak kebutuhan dan pelayanan yang harus kita persiapkan untuk mencapai suatu aktivitas mudik dan liburan pada hari raya Lebaran tahun 2024 yang aman dan nyaman," katanya.

​​​Menurut dia, beberapa sektor urusan yang diampu beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait secara langsung terhadap aktivitas mudik dan wisata libur Lebaran telah dipersiapkan cukup lama, sejak H-7 hingga H+7 Lebaran.

Dia mengatakan, beberapa OPD yang dipersiapkan terkait pelayanan selama mudik dan wisata itu seperti Dinas Perhubungan terkait pengendalian arus lalu lintas, Dinas Kesehatan terkait pelayanan kesehatan, dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan terkait kebutuhan bahan pokok.

"Untuk kebutuhan pokok secara umum aman, meski beberapa komoditi terjadi kenaikan harga, tetapi masih wajar, kemudian dari aspek pariwisata kita telah mengkondisikan beberapa objek pariwisata yang selama ini menjadi tujuan utama wisata di Bantul," katanya.

Dia mengatakan, dari aspek kesehatan bagaimana Dinas Kesehatan dan pihak terkait mempersiapkan, mengantisipasi kemungkinan di layanan kesehatan harus ditingkatkan terutama pada layanan di rumah sakit dan puskesmas yang ada di Bantul.

Kemudian dari aspek keamanan dan ketertiban, kata dia, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul telah berkoordinasi dengan unsur kepolisian RI untuk melakukan antisipasi dan tindakan-tindakan yang diperlukan.

"Pendek kata, bahwa persiapan yang kita lakukan ini untuk mewujudkan mudik Lebaran yang menggembirakan, yang aman, nyaman dan perayaan Lebaran yang lebih berkesan di Kabupaten Bantul," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement