Ahad 16 Sep 2018 16:40 WIB

KPU Padang Gelar Kelas Pemilu untuk Pelajar

Kelas Pemilu yang akan diselenggarakan ke depan bersama Forum Osis Kota Padang

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani
Logo KPU
Foto: beritaonline.co.cc
Logo KPU

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang punya jurus khusus untuk memberikan pemahaman tentang demokrasi kepada para pelajar. Seperti yang dilakukan pada Ahad (16/9) ini, KPU Kota Padang menggelar kelas pemilihan umum (pemilu) bagi pelajar SMA. Bekal pengetahuan tentang pesta demokrasi sekaligus sebagai sosialisasi awal untuk Pilpres 2019 mendatang.

Ketua KPU Kota Padang Muhammad Sawati menjelaskan, kelas pemilu yang diadakan ini bekerja sama dengan Forum OSIS Kota Padang. Selain menggelar kelas Pemilu di sekolah, Sawati menyebutkan bahwa pihaknya juga akan melakukan sosialisasi berupa kelas pemilu di luar sekolah, termasuk dengan menggandeng komunitas kreatif yang diikuti anak-anak muda di Padang.

"Kelas Pemilu yang akan diselenggarkan ke depan bersama Forum Osis Kota Padang ini bertujuan untuk memberikan pelajaran demokrasi kepada pemilih pemula di Kota Padang di tingkat SMA se-Kota Padang," kata Sawati, Ahad (16/9).

Pada pembukaan kelas pemilu yang pertama kali ini, KPU Kota Padang menghadirkan pembicara dari Universitas Andalas, yakni Hary Efendi Iskandar yang juga tenaga pengajar di FIB. Acara ini juga dimoderatori oleh Firdauz Diezo yang merupakan dosen di Universitas Eka Sakti.

 

"Di era saya sekolah, ini tak ada. Beruntung adik-adik yang tergabung dalam organisasi ini sehingga memiliki kesempatan melatih diri mengurus orang banyak," ujar Harry.

Langkah KPU ini untuk meningkatkan pembelajaran demokrasi kepada pemilih pemula di SMA se-kota Padang. KPU memang sedang mengincar pemilih pemula untuk pesta demokrasi pada 2019 nanti.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement