Selasa 11 Sep 2018 19:12 WIB

Kebakaran di Gunung Lawu Berhasil Dipadamkan

Lahan ini terbakar sejak Senin (10/9) lalu sekitar pukul 16.00 WIB.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Bayu Hermawan
Gunung Lawu
Foto: MountainRanger
Gunung Lawu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Hutan Lindung Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah, berhasil dipadamkan pada Selasa (11/9) siang pukul 14.00 WIB. Lahan ini terbakar sejak Senin (10/9) lalu sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebanyak 150 personil yang berasal dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, melakukan pemadaman pada lahan yang memiliki luas kurang lebih 30 hektare ini. BKSDA juga dibantu KLHK, Perhutani, Polri, Koramil, dan relawan.

"Kebakaran diketahui terjadi di petak 62. A RPH Tlogo Dringgo, BKPH Lawu Utara, KPH Surakarta,di Dusun Dringgo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar," jelas Kepala BKSDA Jateng Suharman melalui keterangan tertulis, Selasa (11/9).

Sebelumnya, kebakaran hutan juga terjadi di Gunung Sindoro, yang termasuk wilayah BKPH Temanggung, tepatnya petak 10 RPH Kwadungan. Meski kondisi api dilaporkan sudah mulai mengecil, namun kebakaran berpotensi dapat terjadi di wilayah hutan BKPH Wonosobo, petak 21 RPH Anggrunggondok.

Sementara itu, Suharman menambahkan, saat ini masih belum diketahui berapa luasan karhutla di Gunung Sumbing, tepatnya di hutan wilayah Temanggung, perbatasan hutan wilayah RPH Kemloko, dan RPH Mangli. Upaya pemadaman di Gunung Sindoro Sumbing ini, dipimpin oleh Dandim Temanggung, dengan dukungan heli dari BPBD dan BNBP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement