Rabu 05 Sep 2018 14:03 WIB

Dukung Jokowi, Lukas Enembe Siap Terima Sanksi

Menurut dia, Jokowi lebih memahami kondisi Papua

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Gubernur Papua Lukas Enembe (kiri) bersama Wakil Gubernur Klemen Tinal (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Gubernur Papua Lukas Enembe (kiri) bersama Wakil Gubernur Klemen Tinal (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Lukas Enembe mengaku akan mengamankan lebih dari tiga ribu suara untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2018. Ia tetap akan mendukung Jokowi meskipun partainya mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Jokowi itu harga mati 100 persen. Kita akan bungkus suara untuk Jokowi tidak ada yang lain, untuk seluruh rakyat Papua, catat itu," kata dia usai pelantikannya sebagai Gubernur Papua di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9).

Menurut dia, pilihan politik merupakan hak masing-masing dan tak berkaitan dengan keputusan partai. "Tidak urusan, tidak urusan partai," tambahnya.

Lukas Enembe pun mengaku siap menerima sanksi dari partainya karena perbedaan politik yang dipilihnya. "Sanksi, sanksi silakan saja," kata dia.

Ia menjelaskan alasannya mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Menurut dia, Jokowi lebih memahami kondisi Papua daripada presiden-presiden sebelumnya. Selain itu, ia juga menilai, Jokowi mampu menyelesaikan masalah di Papua.

"Siapapun presiden, tapi saat ini yang terbaik Jokowi. Dia sudah lihat masalah kita banyak di Papua. Semua permasalahan di Papua dia memahami. Selama ini orang Jakarta tidak tidak tahu Jokowi baru memahami bahwa ternyata Papua lebih susah itu lah," jelas dia.

Terkait perbedaan pilihan politiknya ini, Lukas mengaku telah berkomunikasi dengan partainya bahwa seluruh kader Partai Demokrat di Papua akan mendukung Jokowi. 

"Saya sudah sampaikan kepada Pak Sekjen (Hinca Pandjaitan), ini semua kader Demokrat, baik bupati semua dukung Jokowi. Sudah saya kasih tahu begitu," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement