Selasa 04 Sep 2018 16:11 WIB

Presiden Lantik Gubernur dan Wagub Besok

Berdasarkan radiogram Mendagri, ada sembilan gubernur-wakil gubernur akan dilantik.

Rep: Arie Lukihardianti, Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Staf Khusus Presiden bidang komunikasi Johan Budi memberikam keterangan pers terkait ketua tim internal presiden dalam penjaringan cawapres, Selasa (20/3).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Staf Khusus Presiden bidang komunikasi Johan Budi memberikam keterangan pers terkait ketua tim internal presiden dalam penjaringan cawapres, Selasa (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik gubernur dan wakil gubernur terpilih pilkada 2018 pada esok hari, Rabu (5/9) besok. Pelantikan ini rencananya dipercepat dari jadwal semula, yakni 17 September 2018. 

"Iya. Besok direncanakan ada pelantikan gubernur," kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi di kantornya, Jakarta, Selasa (4/9). Kendati demikian, saat ditanya berapa orang gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik, ia mengaku masih belum mengetahui.

Terdapat sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih yang akan dilantik. Mereka adalah gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah, Bali, Papua, Sulawesi Tenggara, dan NTT. 

photo
Pasangan calon hasil pemilihan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. (Republika/Edi Yusuf)

Dari sembilan wilayah tersebut, Ridwan Kamil (Emil) dan Uu Ruzhanul Ulum sudah dipastikan bakal dilantik oleh Jokowi, besok. Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengaku sudah menerima informasi pelantikan Emil-Uu dari Istana Negara. 

Iwa menjelaskan, informasi ini didapat setelah dirinya datang ke rumah dinas Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung. Saat itu, ia mengaku menerima telepon dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang mengabarkan rencana pelantikan besok. "Jamnya masih dikomunikasikan,” di Gedung Sate, Bandung, Selasa (4/9).

Iwa mengatakan, setelah Senin (4/9) kemarin belum ada kepastian, kabar ini mengharuskan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk segera mempersiapkan pelantikan. Persiapan yang dilakukan, yaitu mengirimkan undangan untuk 20 orang yang disyaratkan pihak Istana Negara. 

photo
Iwa Karniwa. (Republika/Edi Yusuf)

Selain dirinya selaku sekdaprov, Iwa mengatakan, unsur yang bakal diundang, yakni ketua DPRD Jabar, kapolda jabar, pangdam, kepala Kejaksaan Tinggi Jabar, dan Pengadilan Tinggi Jawa Barat.

Berdasarkan radiogram Menteri Dalam Negeri yang bersifat segera bernomor T.121/7055/OTDA tertanggal 4 September 2018, pelantikan kepala daerah akan dilangsungkan di Istana Negara, besok pukul 09.00 WIB. Tercatat ada sembilan gubernur dan wakil gubernur terpilih akan dilantik. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement