Senin 03 Sep 2018 23:35 WIB

Pencopotan Waring Tunggu Instruksi Gubernur

Sejauh ini, belum ada instruksi dari gubernur perihal pencopotan waring.

Rep: Sri Handayani/ Red: Friska Yolanda
Petugas Sumber Daya Air Aliran Timur dan Barat mengoperasikan mesin pompa penyedot air di kawasan Kali Item, Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Petugas Sumber Daya Air Aliran Timur dan Barat mengoperasikan mesin pompa penyedot air di kawasan Kali Item, Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Teguh Hendrawan mengatakan jaring-jaring (waring) yang dipasang di Kali Item sebelum Asian Games 2018 belum akan dicopot meski perhelatan olahraga terbesar kedua dunia itu telah berakhir pada 3 September. Kebijakan itu masih akan diteruskan sampai ada instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan untuk berhenti. 

"Masih akan terus dilakukan, ini kan juga ada Inasgoc, tetap jalan terus," kata Teguh saat dihubungi wartawan, Senin (3/9). 

Selain pemasangan waring, Pemprov DKI akan mempertahankan kebijakan lain yang terkait. Misalnya, pemompaan, pemasangan nano bubble, maupun proses injeksi untuk microbiologinya. Ia belum memastikan kapan alat-alat tersebut dilepas. 

"Belum tahu sampai kapan. Pokoknya kalau sampai perintah gubernur belum berhenti itu akan jalan terus," ujar diam. 

Menurut Teguh, penanganan Kali Item dilakukan oleh Dinas SDA bersama Balai Besar Wilayah Ciliwung-Cisadane (BBWS CC). Masalah bau di kali itu dianggap telah tertangani dengan baik. Ia mengklaim tak ada lagi komplain mengenai bau sungai. 

"Orang aja yang bikin viral jadi bikin rame, bilang bau, padahal di sana udah nggak bau," ujar dia. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan penutupan Kali Item menggunakan waring bertujuan untuk mengurangi evaporasi atau penguapan. Kebijakan ini bersifat sementara. 

Pemasangan waring juga didukung dengan penambahan pompa untuk menambah debit air. Ini dilakukan untuk memaksimalkan penjernihan air dengan menggunakan teknologi nano bubble. Secara jangka panjang, masalah bau di Kali Item akan dibereskan dengan instalasi pengolahan air limbah domestik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement