Selasa 21 Aug 2018 15:33 WIB

BPBD: Ribuan Rumah di Sumbawa Rusak Akibat Gempa

Banyak warga yang memilih menempati tanah lapang.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Angga Indrawan
Kondisi kerusakan rumah akibat gempa berkekuatan 6,9 SR di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).
Foto: Dok BPBD KSB
Kondisi kerusakan rumah akibat gempa berkekuatan 6,9 SR di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

REPUBLIKA.CO.ID,  MATARAM -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Zainal Abidin mengatakan, ribuan warga di Kabupaten Sumbawa memilih tinggal di luar rumah akibat dampak gempa berkekuatan 6,9 skala richter (SR) pada Ahad (19/8) malam. 

Ia mengatakan, banyak warga yang memilih menempati tanah lapang karena rumahnya rusak akibat gempa, serta banyak juga warga masih mengalami trauma dan takut kembali ke rumah. 

"Kerusakan sekitar tujuh ribuan rumah rusak, sarana umum juga ada beberapa sekolah, masjid yang rusak juga, tapi masih dalam pendataan," ujar Zainal, Selasa (21/8).

Zainal menyebutkan, warga terdampak gempa berada di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa, mulai dari Kecamatan Alas hingga Utan. BPBD Sumbawa bersama Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah membentuk posko penanganan darurat bencana di Kantor Bupati Sumbawa. 

"Kita juga sudah mulai lakukan distribusi bantuan ke tenda-tenda pengungsian berupa air mineral, mie instan, dan juga ada dapur umum di Kantor Bupati," katanya menambahkan.

Baca juga: Banyak Warga Sumbawa Masih Trauma

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement