Senin 20 Aug 2018 03:40 WIB

Pengiriman Bantuan Disiapkan Pascagempa Lombok Malam Ini

BNPB berkoordinasi dengan TNI terkait pengiriman bantuan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Hazliansyah
Warga memilih tetap berada diluar rumah pascagempa di Ampenan, Mataram, NTB, Minggu (19/8). Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter kembali mengguncang Lombok pada Minggu malam pukul 22.56 Wita yang berpusat di timur laut Lombok Timur pada kedalaman 10 km.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Warga memilih tetap berada diluar rumah pascagempa di Ampenan, Mataram, NTB, Minggu (19/8). Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter kembali mengguncang Lombok pada Minggu malam pukul 22.56 Wita yang berpusat di timur laut Lombok Timur pada kedalaman 10 km.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengiriman bantuan logistik dan peralatan langsung disiapkan pascagempa besar kekuatan 6,9 SR yang mengguncang di Lombok, Ahad (19/8) malam. Gempa diikuti tiga gempa susulan berkekuatan 5 SR dalam kurun waktu kurang satu jam.

"Kepala BNPB Willem Rampangilei telah berkoodinasi dengan Panglima TNI terkait pengiriman bantuan logistik dan peralatan menyusul gempa susulan 6,9 SR," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Ahad (19/8) malam.

Sutopo mengatakan pesawat-pesawat Hercules TNI di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Lanud Abdurahman Saleh di Malang disiapkan. Pesawat-pesawat itu juga disiagakan untuk mengangkut bantuan.

"Demikian juga kapal KRI jika diperlukan. Menteri BUMN akan lebih meningkatkan operasi pasar beras dan kebutuhan-kebutuhan dasar di Lombok," ujar Sutupo.

Saat ini masyarakat di Lombok Timur dan sekitarnya memilih mengamankan diri di lapangan-lapangan dan menjauhi bangunan. Pascagempa besar berkekuatan 6,9 SR pada pukul 21.56 WIB tadi, masyarakat mengalami trauma lantaran gempa susulan terus terjadi.

"Masyarakat berkumpul di lapangan dan di tempat yang aman. Masyarakat merasakan trauma dengan gempa," ujar Sutopo.

Setelah gempa berkekuatan magnitudo 6,9 pada pukul 21.56 WIB, tercatat tiga kali gempa dengan kekuatan bervariasi melanda Lombok dalam kurun waktu kurang dari satu jam.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa susulan terjadi pada pukul 22.16 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,6 dengan pusat gempa berada di darat 18 Km Barat Laut Lombok Timur dengan kedalaman 10 Km. 10 menit kemudian pada pukul 22.28 WIB gempa berkekuatan magnitudo 5,8 kembali mengguncang Lombok Timur kali ini dengan kedalaman 10 km.

Sedangkan gempa susulan ketiga dengan kekuatan cukup besar dengan kekuatan magnitudo 5,0 terjadi pada pukul 22.45 WIB 56 Km Timur laut Lombok Timur dengan kedalaman 10 Km. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa dirasakan keras Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Lombok Barat dan Kota Mataram selama 5-10 detik.

Gempa juga dirasakan sedang di Bali seperti di Jembrana, Kota Denpasar, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Kulungkung dan Buleleng selama 5-10 detik. Gempa juga dirasakan ringan di Jawa Timur bagian timur dan Makassar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement