Rabu 08 Aug 2018 19:17 WIB

PAN Sebut Sandiaga Jadi Opsi Baru Cawapres Prabowo

Ketua DPP PAN mengatakan nama Sandiaga Uno muncul sebagai cawapres alternatif Prabowo

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Yandri Susanto
Foto: Republika/ Wihdan
Yandri Susanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengungkap dalam pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Selasa (8/8) tadi malam, ada beberapa nama cawapres yang disebut Prabowo kepada PAN. Nama-nama tersebut antara lain Ustad Abdul Somad (UAS), Anies Baswedan dan nama baru muncul Sandiaga Uno.

"Ya Pak Prabowo sekali lagi dia menyampaikan sebenarnya dia berkeinginan UAS, dia setuju. Tapi kalau enggak setuju, dia tetap merayu Anies kalau Anies menolak, mungkin opsi yang lain dengan Sandi," ujar Yandri usai rapat di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Kebayoran, Jakarta, Rabu (8/8).

Menurut Yandri, Prabowo juga menjanjikan nama nama tersebut akan dikomunikasikan secara intensif kepada PKS dan Partai Demokrat. Meskipun ia meyakini pembahasan nama-nama tersebut akan alot. Terkait nama Sandi yang baru muncul dalam bursa nama Prabowo, sejauh ini PAN tetap berharap cawapres yang dipilih Prabowo adalah Abdul Somad. Namun jika tidak, PAN berharap cawapres di luar dari PKS dan Demokrat jika Zulkifli tidak dipilih Prabowo.

"Tadi malam belum setuju (Sandi), tapi kalau itu merupakan opsi boleh kita bicarakan lebih lanjut. Ya lihat saja nanti kita kan belum tahu dari Pak Prabowo gimana," ujarnya.

Adapun DPP PAN Rabu (8/8) sore tadi mengadakan rapat internal dengan DPW PAN di Kantor DPP PAN. Rapat untuk membahas arah koalisi PAN di Pilpres. Rencananya hasil diskusi tersebut akan dikukuhkan dalam Rakernas PAN, Kamis (9/8) esok.

"Dari diskusi tadi. Kemudian dari surat surat yg sudah kita lihat, hasil rekomendasi dari masing-masing DPW itu, mayoritas itu memang hampir bulat DPP diminta oleh DPW untuk bergabung dengan koalisi Gerindra, yaitu Pak Prabowo," katanya.

Semalam Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menemui Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kediaman dinas Ketua MPR, Jalan Widya Candra didampingi anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Fuaz Bawazir. Namun pertemuan itu berlangsung mendadak, singkat dan tertutup tanpa diketahui media.

"Iya (Prabowo bertemu dengan Zulkifli)," ujar Fuad Bawazir di kediaman Zulkifli di Widya Candra, Jakarta, Selasa (7/8).

Sebelum mendatangi rumah Zulkifli, Prabowo terpantau media meninggalkan kediamannya pukul 21.14 WIB. Prabowo sempat menemui sejumlah petinggi Partai Gerindra seperti Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Sufmi Dasco Ahmad, Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno, dan Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik.

Bahkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais juga terpantau mendatangi kediaman Prabowo. Namun, Amien yang menggunakan sedan hitam itu tak memberi keterangan apapun kepada media.

Adapun pertemuan Prabowo dengan Zulkifli Hasan menjadi menarik setelah beberapa jam sebelumnya, Zulkifli baru saja menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa sore. Meskipun PAN dan Partai Gerindra telah berkomunikasi intensif selama ini, namun hingga saat ini PAN belum memutuskan secara resmi dukungannya. Rencananya dukungan itu baru akan dipastikan PAN setelah Rakernas PAN Kamis 9 Agustus mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement