Rabu 08 Aug 2018 13:25 WIB

Wasekjen: PAN tak Tahu Prabowo Umumkan Cawapres Hari Ini

Wasekjen PAN mengatakan, partainya tak tahu jika Prabowo umumkan cawapres hari ini.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bayu Hermawan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (Wasekjen PAN) Faldo Maldini mengaku, partainya belum mengetahui jika Prabowo Subianto akan mengumumkan calon pasangan presiden (cawapres) pada Rabu (8/8) ini. Faldo menegaskan, sikap PAN untuk Pilpres 2019 tetap akan diputuskan dalam rapat kerja nasional (rakernas) pada 9 Agustus mendatang.

"Kami belum menerima terkait pengumuman hari ini cawapres Pak Prabowo. Kalau komunikasi masih jalan terus, bahkan sampai tadi malam Pak Prabowo masih jumpa dengan Pak Zul (Zulkifli Hasan)," katanya kepada Republika.co.id, Rabu (8/8).

Menurutnya, hingga saat ini, PAN masih menimbang dalam menentukan arah koalisi yang akan diusungnya. Meskipun akhirnya Prabowo telah menentukan cawapresnya, PAN tetap akan berpegang pada hasil keputusan rakernas yang akan digelar pada Kamis (9/8) atau Jumat (10/8).

Ia menambahkan, PAN akan bergabung ke koalisi untuk jadi pemenang dan bisa berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat. Keputusan itu akan diambil setelah rakernas yang akan dilakukan. "Itu yang mana? Kita tunggu selalu hasil prosesnya. Insya Allah, kita pasti tetapkan yang terbaik, bukan cuma buat bagi PAN, tapi bagi masyarakat luas," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Gelar Pertemuan Tertutup dengan Ketum PAN di Istana

Seperti diketahui, PAN merupakan parpol yang belum memutuskan akan bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi atau Prabowo. Dugaan jika partai itu akan merapat ke koalisi pendukung Jokowi menguat setelah Ketua Umum PAN bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (7/8). Pertemuan sekitar satu jam itu berlangsung tertutup dari pukul 15.40 hingga 16.30 WIB.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan, siapa calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto akan ditentukan pada Rabu (8/8) besok malam. Fadli mengatakan, kemungkinan pasangan Prabowo akan dideklarasikan sebagai capres pada Kamis (9/8) mendatang.

"Saya kira, insya Allah besok malam kita sudah ada keputusan. Insya Allah kalau tidak ada perubahan, Kamis kita rencana untuk deklarasikan," kata Fadli seusai menghadap Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta, Selasa (7/8) malam.

Menurut Fadli, Prabowo saat ini sudah mengeksplorasi semua nama kandidat cawapres, baik dari partai politik maupun dari rekomendasi forum ijtima ulama GNPF. Terlebih, Prabowo juga bertemu dengan ulama GNPF semalam. "Itu suatu keputusan yang saya kira sangat kita pegang. Kemudian juga pembicaraan dengan partai-partai. Demokrat yang saya rasa sudah sangat jauh, dengan PKS maupun PAN. Saya kira besok malam sudah bisa kita putuskan," katanya.

Baca juga: Fadli: Insya Allah Kamis Pasangan Prabowo Dideklarasikan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement