Kamis 02 Aug 2018 17:19 WIB

Pemkot Solo Dukung Aksi Sabar Gorky Mendaki Elbrus

Aksi Sabar dapat menjadi pelecut semangat kaum muda penyandang disabilitas lainnya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Gita Amanda
Sabar Gorky melakukan latihan fisik dengan berjalan membawa beban 20 Kg. Latihan dilakukan untuk persiapannya mendaki gunung Elbrus dalam misi mengibarkan bendera merah putih tepat pada HUT RI ke-73
Foto: Republika/Andrian
Sabar Gorky melakukan latihan fisik dengan berjalan membawa beban 20 Kg. Latihan dilakukan untuk persiapannya mendaki gunung Elbrus dalam misi mengibarkan bendera merah putih tepat pada HUT RI ke-73

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo, F.X Rudyatmo mendukung Sabar Gorky, seorang penyandang disabilitas yang akan melakukan misi mengibarkan bendera merah putih tepat pada HUT RI ke-73 di puncak tertinggi Eropa. Rudyatmo berharap misi tersebut bisa dilaksanakan dengan baik karena membawa nama harum Indonesia.

Lebih dari itu, Rudyatmo mengatakan pencapaian Sabar Gorky dalam mendaki puncak-puncak tertinggi dunia dapat menjadi pelecut semangat kaum muda serta penyandang disabilitas lainnya di Solo agar bisa melahirkan prestasi sesuai kemampuannya.

“Sangat luar biasa sekali, Pak Sabar Gorky ini ditengah keterbatasannya mempunyai semangat untuk mendaki, membawa nama harum bangsa. Saya berpesan agar hati-hati dan Pemkot tentu memberikan support,” kata Rudyatmo saat bertemu dengan Sabar Gorky di Balai Kota Solo pada Kamis (2/8).

Sabar akan menjalankan misi mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi benua Eropa yakni gunung Elbrus di Rusia. Sabar akan berangkat ke Rusia pada 12 Agustus danakan dimulai pendakiannya pada 15 Agustus.

Targetnya mengibarkan bendera di puncak Elbrus tepat pada hari ulang tahun Republik Indonesia ke-73. Meski demikian, pendakian tersebut menjadi kedua bagi Sabar. Sebab pada 2011, ia juga pernah mendaki gunung yang sama.

Terdapat tiga gunung tertinggi dunia yang sudah berhasil ditaklukan Sabar yang juga merupakan karyawan PMI Kota Solo itu. Diantaranya yakni Aconcaragua, Kilimanjaro, Cartensz dan Elbrus.

Pada akhir tahun ini, Sabar juga akan melanjutkan misinya untuk mendaki Vinson Massif di Kutub Utara. Sedang pada 2019, Sabar menargetkan bisa mendaki Everest dan Denali di Alaska.

“Nanti untuk bekal urusanny sama saya pribadi dan Pemkot mendukung,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement