Kamis 02 Aug 2018 15:34 WIB

PMI Solo Buka Penggalangan Dana untuk Pendakian Sabar Gorky

PMI Solo membuka penggalangan dana untuk membantu persiapan Sabar Gorky.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Gita Amanda
Sabar Gorky melakukan latihan fisik dengan berjalan membawa beban 20 Kg. Latihan dilakukan untuk persiapannya mendaki gunung Elbrus dalam misi mengibarkan bendera merah putih tepat pada HUT RI ke-73
Foto: Republika/Andrian
Sabar Gorky melakukan latihan fisik dengan berjalan membawa beban 20 Kg. Latihan dilakukan untuk persiapannya mendaki gunung Elbrus dalam misi mengibarkan bendera merah putih tepat pada HUT RI ke-73

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo mengajak masyarakat untuk membantu mewujudkan mimpi Sabar Gorky, penyandang disabilitas yang mempunyai misi menaklukan tujuh puncak tertinggi dunia. PMI Kota Solo pun telah membuka penggalangan dana untuk membantu persiapan Sabar Gorky menuntaskan sisa misinya.

"Sudah kami buka karena ini kan program jangka panjang masih ada tiga gunung lagi dan butuh pembiayaan yang sangat besar," tutur Konsultan PMI Kota Solo Titis Wahyuono kepada Republika.co.id saat mendampingi Sabar Gorky melakukan latihan pada Kamis (2/8).

Dalam waktu dekat, Sabar akan menjalankan misi mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi benua Eropa yakni gunung Elbrus di Rusia. Sabar akan berangkat ke Rusia pada 12 Agustus danakan dimulai pendakiannya pada 15 Agustus.

Targetnya mengibarkan bendera di puncak Elbrus tepat pada hari ulang tahun Republik Indonesia ke-73. Meski demikian, pendakian tersebut menjadi kedua bagi Sabar. Sebab pada 2011, ia juga pernah mendaki gunung yang sama.

Sementara itu Titis menjelaskan terdapat tiga gunung tertinggi dunia yang sudah berhasil ditaklukan Sabar yang juga merupakan karyawan PMI Kota Solo itu. Diantaranya yakni Aconcaragua, Kilimanjaro, Cartensz dan Elbrus. Pada akhir tahun ini, Sabar juga akan melanjutkan misinya untuk mendaki Vinson Massif di Kutub Utara. Sedang pada 2019, Sabar menargetkan bisa mendaki Everest dan Denali di Alaska.

“Untuk program hingga akhir tahun ini kami membutuhkan sekitar Rp 75 juta. Jadi persiapan dari sini,” kata Titis.

Titis mengungkapkan dana tersebut digunakan untuk program gizi dan latihan yang mesti dilakoni Sabar Gorky. Sementara itu terkait pemberangkatan ke Elbrus dalam waktu dekat, kata Titis, semua persiapan perlengkapan sudah disiapkan tim Garuda Muda di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement