Rabu 25 Jul 2018 17:49 WIB

Luhut Puji Kemajuan NTB pada Masa TGB

Luhut yakin NTB akan menjadi provinsi yang sangat maju pada masa mendatang.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Ratna Puspita
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur NTB TGB Zainul Majdi menerima api obor yang dibawa Kapolda NTB Brigjen Pol Achmad Juri pada Kirab Obor Asian Games 2018 di depan Pendopo Gubernur NTB, Jalan Pejanggik, Mataram, NTB, Rabu (25/7).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur NTB TGB Zainul Majdi menerima api obor yang dibawa Kapolda NTB Brigjen Pol Achmad Juri pada Kirab Obor Asian Games 2018 di depan Pendopo Gubernur NTB, Jalan Pejanggik, Mataram, NTB, Rabu (25/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memuji kemajuan NTB di bawah kepemimpinan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). Ia mengatakan Kirab Obor Asian Games 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Rabu (25/7) merupakan momen penting dan berharga bagi TGB pada akhir masa kepemimpinannya. 

Ia meyakini, NTB akan menjadi provinsi yang sangat maju pada masa mendatang.  "Saya dengar pertumbuhan ekonomi di sini lebih tinggi dari pertumbuhan nasional,” kata Luhut sebelum memulai prosesi Kirab Obor Asian Games di Pantai Ampenan, Mataram, NTB, Rabu (25/7).

Luhut pun memuji keindahan alam NTB. Ia mengatakan pantai-pantai indah di NTB akan menjadi salah satu modal untuk mengembangkan perekonomian. 

“Pantai hebat, rakyat kerja keras, tambang bisa dikembangkan, beberapa pulau kaya dengan (produksi) jagung dan gula tebu. Semua sedang berjalan, dan gubernur sangat kooperatif, kami harap pertumbuhan ekonominya terus meningkat," ujar Luhut.

Menko berpesan masyarakat NTB terus menjaga dan melestarikan apa yang telah dibangun dan tengah dikembangkan di NTB. Terutama, ia mengatakan, terkait proyek KEK Mandalika di Lombok Tengah. 

"Rawat tempat ini dengan baik dan bersih, jangan (sampai) budaya kita jadi terkuras juga, ini semua bisa terjadi setelah 29 tahun Mandalika terbengkalai,” kata dia. 

photo
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (tengah) bersama Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi di depan Pendopo Gubernur NTB dalam menyambut kirab obor Asian Games 2018, Rabu (25/7). (Republika/Muhammad Nursyamsyi)

Sekarang, ia mengatakan, persoalan tanah dan lainnya sudah selesai. Ia menambahkan pemerintah juga telah berkomitmen akan menjadikan sebagai tourist destination international.

Hari ini memang menjadi hari bersejarah bagi NTB yang masuk dalam rangkaian Kirab Obor Asian Games 18. Api Obor tersebut tiba di Lombok pagi tadi. 

Prosesi Kirab Obor dimulai oleh Menko Luhut bersama TGB yang berlari membawa obor dari Pantai Ampenan menuju Kota Tua. Kirab dilanjutkan oleh para atlet NTB menuju depan halaman pendopo Gubernur NTB. 

Kirab obor tersebut berlangsung meriah dan diikuti ratusan atlet, anggota TNI, POLRI. Kirab disaksikan ribuan masyarakat yang antusias menyaksikan perjalanan obor tersebut. Usai melepas kirab obor tersebut, Luhut dan TGB bergegas menuju depan Pendopo Gubernur NTB sebagai lokasi finish untuk untuk menerima api obor Asian Games 2018 dari Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement