Rabu 18 Jul 2018 15:19 WIB

Demokrat: SBY Belum Bisa Dijenguk Hari Ini

SBY belum bisa dijenguk hari ini karena harus istirahat total.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Republika/ Wihdan
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum bisa dijenguk hari ini lantaran harus istirahat total. Ferdinand mengungkapkan, hal tersebut disampaikan langsung oleh dokter kepresidenan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Jadi, memang dari dokter-dokter kepresidenan menyarankan beliau untuk istirahat total karena kalau menerima tamu beliau kan nanti harus duduk paling tidak, harus ini segala macam, harus bicara, buat lelah lagi, sehingga memang dokter kepresidenan menyarankan untuk tidak menerima tamu dulu setidaknya hari ini," kata Ferdinand di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/7).

Ferdinand menambahkan, dia dan beberapa rekan dari Partai Demokrat sempat memohon izin untuk menjenguk Presiden keenam RI tersebut, tetapi belum diizinkan oleh dokter. "Kita lihat perkembangannya besok apakah sudah bisa menerima tamu, mungkin bisa dijenguk besok," ujarnya.

SBY dikabarkan kelelahan setelah melakukan perjalanan di sejumlah daerah di Jawa Timur. Setelah itu, lanjut Ferdinand, SBY masih harus melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta sehingga menguras energi cukup banyak. 

"Setelah dari Yogyakarta kembali ke Jakarta, masih harus menghadapi aktivitas di mana Partai Demokrat juga salah satu partai yang ikut pemilu nanti harus merapikan administrasi pencalegan dan terutama pembahasan nomor urut caleg," katanya.

"Kemudian beliau melakukan rapat maraton dengan DPP dan kami perhatikan beliau cukup lelah dari wajahnya terlihat lelah, dan akhirnya kemarin ketika kondisi beliau kita perhatikan semakin lelah," katanya.

Ia pun menampik bahwa SBY sakit karena beban politik. Justru, menurut dia, SBY dalam kondisi senang dan bahagia karena Partai Demokrat berhasil mendaftarkan caleg-calegnya. "Tidak ada beban politik ataupun yang membuat beliau harus stres, tapi murni karena kecapean dan kelelahan setelah dari Jatim," ucapnya.

Baca juga: SBY Dirawat di RSPAD, Pertemuan SBY-Prabowo Hari ini Diundur

Hari ini, SBY direncanakan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun, pertemuan tersebut harus diundur karena SBY dilarikan ke rumah sakit. "Pertemuan SBY dengan Prabowo diundur karena Pak SBY kelelahan dan sedang dirawat sejak tanggal di 17 Juli di RSPAD," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan kepada wartawan, Rabu (18/7) pagi.

Namun, Syarief tidak mengungkap waktu penjadwalan ulang pertemuan keduanya. Karena itu, belum diketahui sampai kapan waktu penundaan pertemuan keduanya. Pertemuan antara SBY-Prabowo hari ini memang telah direncanakan sejak lama. Pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut pertemuan Prabowo dan Syarief Hasan beberapa waktu lalu terkait pilpres.

Semalam, Prabowo masih menyebut pertemuan dengan SBY dilaksanakan hari ini. Prabowo menyampaikan itu seusai Prabowo menemui Puan Maharani dan Zulkifli Hasan di tempat yang berbeda. "Masih. Besok juga kita akan bertemu dengan Pak SBY. Komunikasi dengan semua pihak," ujar Prabowo.

Baca juga: Ketua DPR Doakan SBY Cepat Sembuh dan Bertemu Prabowo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement