Rabu 11 Jul 2018 22:17 WIB

Pemkot Solo Matangkan Pembangunan Jalan Layang Purwosari

Jalan layang Purwosari semula dikonsep bercabang atau seperti huruf ‘Y’.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih
Pembangunan Jalan Tol (Ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Pembangunan Jalan Tol (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Solo mematangkan rencana pembangunan jalan layang Purwosari pada Rabu (11/7). Jalan layang tersebut rencanaya memiliki desain bangun lurus menyerupai huruf I. Pemkot Solo berencana memulai pengerjaan jalan layang tersebut pada November mendatang. 

Dalam koordinasi antara Pemkot Solo dengan Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (11/7), Pemkot Solo sepakat untuk mengubah desain jalan layang Purwosari yang semula dikonsep bercabang atau seperti huruf ‘Y’. 
 
Pemkot sepakat dengan desain jalan layang terbaru karena dinilai lebih efisien terutama dalam masalah pendanaan.
 
“Idealnya memang kita buat dengan desain Y namun karena biaya yang tak ideal kita putuskan dengan desain I,” kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Solo, Arif Nurhadi pada Rabu (11/7). 
 
Namun Arif mengatakan pembangunan jalan layang Purwosari akan dimulai setelah selesainya pembangunan jalan layang Manahan yang masih dalam tahap penyelesaian. 
 
Jalan layang Purwosari recananya akan membentang mulai simpang tiga Kerten hingga simpang empat Purwosari. Jalan layang Purwosari diperkirakan membutuhkan waktu pengerjaan selama delapam bulan dengan pendanaan dari pemerintah pusat melalui APBN. 
 
Meski demikian, Arif mengatakan belum dapat menyebutkan dana yang diperlukan untuk pembangunan jalan layang Purwosari.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement