Selasa 03 Jul 2018 21:45 WIB

Bupati Selayar: KM Lestari Maju Beroperasi Sejak 2016

KM Lestari Maju yang mengangkut penumpang 139 orang dikandaskan di perairan Selayar.

Korban KM Lestari yang tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/3).
Foto: dok. BNPB
Korban KM Lestari yang tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar Basli Ali mengatakan, KM Lestari Maju telah beroperasi di wilayah kerjanya pada 2016. KM Lestari Maju mengalami kecelakaan di perairan Selayar pada Selasa (3/7).

Menurut Basli, kapal tersebut terbilang besar dibandingkan kapal ferry lainnya sehingga menjadi alternatif utama bagi masyarakat Selayar dan sekitarnya. "Tahun 2016 masuk kapal itu di Selayar dan milik swasta ini sudah dimodifikasi, sehingga selain mengangkut barang juga mengangkut penumpang," katanya saat menanggapi kapal ferry milik swasta itu di Benteng, Selayar, Selasa.

Untuk mengevakuasi korban KM Lestari Maju yang mengalami kecelakaan pasca mesin di lambung kiri kapal rusak, lanjut dia, Pemkab Selayar mengerahkan semua tim medis, petugas BPBD, SAR dan pihak terkait. Mengenai jumlah korban meninggal berdasarkan data BPBD Sulsel dan SAR Sulsel diketahui sebanyak 12 orang.

Sedangkan 41 orang korban yang selamat ditangani di dua puskesmas, yakni Puskesmas Parangia dan Puskesmas Bontomatene. Keduanya merupakan puskesmas terdekat dari Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel.

Data sementara korban KM Lestari Maju yang tercatat 12 orang adalah H Abd Rasyid (60 tahun) beralamat Benteng, Selayar, Andi Junaeda (50) asal Bone, St Saerah (50) dari Onto. Lalu, Rosmiati (40) yang merupakan guru SMK Kesehatan Selayar, Rajmaeni (50) di Jalan Mangga, Benteng.

Denniamang (60) alamat Polong dan Hj Sakinah di Jalan Bulu Lasinrang, Sinaji. Selain itu, seorang anak laki-laki tanpa identitas, anak perempuan (3) identitasnya tidak dikenal, anak laki-laki tidak dikenal alamat Pajjukukang dan Nini Nurianti (30) alamat Bonea Selayar.

KM Lestari Maju yang mengangkut penumpang 139 orang dikandaskan di perairan Selayar, Sulawesi Selatan pascamengalami kerusakan mesin di lambung kiri kapal. Kapal jenis ferry ini mengalami masalah di bagian mesin sekitar pukul 13.40 WITA karena air masuk dek. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement