Selasa 03 Jul 2018 18:22 WIB

30 Korban KM Lestari Maju Sudah Dievakuasi

Hingga Selasa petang, 12 orang dinyatakan meninggal akibat kejadian tersebut.

Korban KM Lestari yang tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/3).
Foto: dok. BNPB
Korban KM Lestari yang tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kapolres Kabupaten Kepulauan Selayar Syamsu Ridwan mengatakan, hingga saat ini sekitar 30 korban kecelakaan KM Lestari Maju sudah dievakuasi menuju RS Hayung, Selayar. Kapal jenis ferry yang mengangkut 139 penumpang itu mengalami kerusakan mesin kemudian tenggelam.

"Hingga saat ini sudah ada sekitar 30 orang penumpang KM Lestari Maju yang dievakuasi baik korban yang meninggal maupun yang selamat," kata Syamsu, Selasa (3/7).

Dia mengatakan, para korban kapal ferry itu dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Termasuk para korban mendapatkan pertolongan evakuasi dari KM Bonto Haru yang berada tidak jauh dari belakang KM Lestari Maju sebelum separuh badan kapal tenggelam.

Menurut dia, kapal reguler yang mengangkut barang dan penumpang. Sesuai manifes, terdapat 139 orang dan 20 awak anak buah kapal (ABK) sebanyak 20 orang.

Kabag Humas Kabupaten Kepulauan Selayar Mursalim mengatakan korban yang dievakuasi ini selain mendapatkan pertolongan dari petugas. “Masyarakat setempat juga turut bahu-membahu membantu korban yang basah kuyup dan sebagian besar dalam kondisi sadar," ujarnya.

Khusus korban yang selamat dan memiliki keluarga di Kabupaten Selayar, sebagian sudah dijemput oleh keluarganya. Korban lainnya masih berada di lokasi evakuasi di Puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Benteng, kabupaten Kepulauan Selayar.

Dia mengatakan evakuasi penumpang melibatkan petugas pemerintah setempat, BPBD, dan SAR Sulsel. Bahkan, sudah ada penambahan kapal dan 23 personel dari BPBD Sulsel.

Hingga Selasa petang, 12 orang dinyatakan meninggal akibat kejadian tersebut. Dari jumlah tersebut, baru sebagian yang berhasil diidentifikasi. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis 12 nama korban tewas yang sudah berhasil diidentifikasi. Data sementara korban meninggal KM Lestari Maju:

  1. H. Abd. rasyid (60) beralamat di Benteng
  2. Andi Junaeda (50) beralamat di Bone
  3. St Saerah (50) beralamat di Onto
  4. Identitas tidak diketahui (perempuan berusia sekitar 70 th)
  5. Rosmiati (40) berprofesi guru SMK Kesehatan Selayar, Jl. Mangga Benteng
  6. Rajmaeni alias Ati Raja (50) beralamat di Barat Lambongan
  7. Denniamang (60) beralamat di Polong 
  8. Hj. Sakinah beralamat di Jl. Bulu Lasiang Sinjai
  9. Anak laki laki berumur 2 tahun, identitas tidak diketahui
  10. Anak perempuan berumur 3 tahun, identitas tidak dikenal
  11. Laki-laki tidak dikenal, beralamat di Pajjukukang
  12. Nini Nurianti (30) beralamat di Bonea Selayar

Berdasarkan data Pemkab Kepulauan Selayar diketahui, KM Lestari Maju sudah beroperasi melayani masyarakat Selayar pada 2016. KM Lestari Maju termasuk kapal ferry yang berkapasitas besar dengan tiga lantai. 

sumber : Antara, Umi Nur Fadhilah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement