Jumat 29 Jun 2018 19:09 WIB

Belasan Warga Sukabumi Keracunan Air Mengandung Pestisida

Korban mengalami pusing, mual, dan muntah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
keracunan makanan (ilustrasi)
Foto: kidshealth.org
keracunan makanan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 12 orang warga Desa Pagelaran, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, mengalami gejala keracunan. Diduga mereka mengalami kondisi tersebut setelah menggunakan atau minum air yang diduga terkontaminasi pestisida.

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, peristiwa tersebut terjadi di Kampung Cikupa, Desa Pagelaran, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu (27/6) lalu. "Informasi dari petugas Puskesmas Purabaya ada sebanyak 12 orang warga yang mengalami gejala keracunan," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Sukabumi Hendra Priatna kepada wartawan, Jumat (29/6).

Laporan dari Puskesmas Purabaya menyebutkan terjadi peningkatan jumlah pasien pusing, mual, dan muntah pada hari tersebut. Jumlah penderita yang dirawat dan ditangani petugas puskesmas mencapai 12 orang.

Penyebab terjadinya gejala keracunan tersebut, ungkap Hendra, diduga karena meminum dan menggunakan air yang sudah terkontaminasi oleh pestisida. Air itu digunakan untuk mencuci peralatan dapur dan mencuci sayuran serta digunakan untuk mandi.

Belasan warga tersebut, kata Hendra, sudah ditangani petugas medis di UPTD Puskesmas Purabaya. Dalam kejadian ini dilaporkan tidak ada warga yang meninggal dunia.

"Semua penderita yang dirawat di UPTD Puskesmas Purabaya sudah kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan sembuh," kata Hendra. Para warga yang keracunan ini berusia antara 28 tahun hingga 50 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement