Rabu 20 Jun 2018 13:56 WIB

Pengunjung ke Objek Wisata Pantai Sukabumi Mulai Berkurang

Para pengunjung tersebut sebelumnya didominasi dari daerah luar Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani
Pelabuhan Ratu
Foto: bandung.panduanwisata.com
Pelabuhan Ratu

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Jumlah pengunjung ke obyek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat mulai berkurang. Hal ini disebabkan momen libur panjang bagi sejumlah warga khusus aparatur pegawai sipil negara (ASN) dan pegawai swasta lainnya mulai berakhir Rabu (20/6).

‘’Kondisi wisata pantai masih ramai walaupun ada penurunan jumlah wisatawan,’’ ujar Kepala Instruktur Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi Usup Supriatna Rabu (20/6).

Ia mengatakan penurunan mulai terjadi pada Selasa (19/6). Jumlah kunjungan pada hari tersebut berkurang dibandingkan hari sebelumnya Senin (18/6). Para pengunjung tersebut sebelumnya didominasi dari daerah luar Sukabumi seperti Bogor hingga Jakarta.

Di sisi lain Balawista mencatat jumlah kecelakaan tenggelam dari H+1 lebaran hingga hari Selasa 19 Juni 2018 di 17 pos pelayanan dan pengawasan sejumlah 35 orang. Rinciannya sebanyak 31 orang terselamatkan dan empat orang meninggal. Dari empat orang meninggal dua orang korban diantaranya masih hilang tenggelam dan hingga kini masih terus dilakukan upaya pencarian.

(Baca: Puluhan Orang Tenggelam di Pantai Selatan Sukabumi)

Usup menerangkan, dua orang yang hilang itu tenggelam pada Selasa di dua tempat yang berbeda. Lokasi kecelakaan tenggelam yakni di Pos Istiqomah Citepus dua orang yakni satu orang terselamatkan dan satu orang hilang belum ditemukan. Selain itu di Pos Ujung Genteng sebanyak satu orang hilang dan belum ditemukan jasadnya.

Data dari Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, lokasi korban tenggelam pertama berada di Pantai Kalapa Condong Desa Ujunggenteng Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi pada pukul 07.00 WIB. Korban yang tenggelam atas nama Aden Nandang Hadi Suryana (30 tahun) yang merupakan warga Pabuaran RT 02 RW 05 Kelurahan Dayehluhur Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Satu pengunjung lainnya hilang tenggelam di Pantai Dolpin/lumba lumba Cibolang Citepus Palabuhanratu sekitar pukul 08.30 WIB. Korban tenggelam yakni Yogi Saputra (23) warga Kampung Sukahayu RT 03 RW 10 Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement