Senin 18 Jun 2018 21:36 WIB

H+3 Lebaran, 35 ribu Kendaraan Masuk Jalur Puncak

Jarak Cianjur lewat Jonggol bisa ditempuh 2,5 jam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah kendaraan yang akan menuju puncak melintas di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/6).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah kendaraan yang akan menuju puncak melintas di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- H+3 lebaran, jalur Puncak semakin dipadati pengendara. Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menyebut hampir 35ribu kendaraan tercatat memasuki jalur Puncak.

"Jalur puncak sendiri sangat padat dengan jumlah kendaraan hampir 35ribu kendaraan yang masuk ke jalur Puncak," ujar AKP Hasby di Puncak Pass, Senin (18/6).

Hingga pukul 19:00 WIB tadi, situasi lalu lintas di Puncak terpantau sangat padat. Proses pelaksanaan sistem satu arah atau oneway ke bawah sendiri memakan waktu lama.

Hal ini diakibatkan kondisi arus yang sangat banyak, kendaraan menuju Cianjur tercatat hingga pukul 12:00 pun masih memadati jalur Puncak. SSA menuju bawah baru dilaksanakan pihak kepolisian pukul 17:00 setelah melakukan pengurasan kendaraan yang menuju Cianjur.

"Proses pelaksanaan oneway juga memakan waktu karena kondisi arus sangat banyak yang menuju Cianjur. Sistem SSA ke bawahn ini dilanjutkan hingga pukul 21:00 nanti," lanjutnya.

Kasatlantas pun kembali mengimbau masyarakat yang akan menuju Cianjur untuk menggunakan jalur alternatif Jonggol. Jalur tersebut jelas lebih cepat dan dalam kondisi bagus.

Jarak menuju Cianjur sendiri via Jonggol hanya 86 kilometer dan dapat ditempuh kurang lebih 2,5 jam. Pengendara bisa menghemat waktu 2 jam jika melewati jalur ini.

"Masyarakat jadi tidak lagi merasakan kemacetan panjang. Jalur alternatif ini sudah kita siapkan dengan durasi kurang lebih 2,5 dari Jakarta menuju Cianjur. Ini 2 jam lebih cepat daripada menggunakan jalur puncak," ujar Hasby.

Polres Bogor sendiri membuka sistem oneway ke bawah pukul 17:00 dibuka sistem oneway ke bawah. Kendaraan dari arah Cianjur menuju Bogor atau jakarta pun terpantau padat. "Kita bekerjasama dengan Kapolres Cianjur agar proses oneway berjalan lancar," lanjut Hasby.

Kapolres AKBP Andi M Dicky sendiri sebelumnya pun menyebut arus lalin hari ini memang padat namun tidak sepadat Ahad (17/6) kemarin. Pada Ahad lalu jalan baru bisa normal pukul 22:00 WIB.

"Untuk jalur kita perkuat pengamanannya. Ada kurang lebih 276 personel kita turunkan untuk mengamankan. Ini gabungan dari Satlantas dan Sabhara," ujar Dicky.

Untuk informasi, hari ini polisi telah memberlakukan sistem satu arah (SSA) menuju atas pukul 07:00. Sistem ini diberlakukan hingga pukul 12:00 sampai kendaraan dari bawah berada di sekitaran area Cimory, Cisarua, Kabupaten Bogor dan setelahnya jalur Puncak normal dua arah hingga pukul 17:00.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement