Kamis 07 Jun 2018 18:45 WIB

Survei Charta Politika: Emil Bersaing Ketat dengan Demiz

Pasangan Ridwak Kamil-Uu unggul tipis dari pasangan Deddy-Dedi di Pilgub Jabar.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Dua Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar
Foto: Republika/Mardiah
Dua Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Charta Politika kembali menggelar hasil rilis terkait pilkada di tiga provinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kamis (7/6). Di wilayah Jawa Barat, Yunarto Wijaya menjelaskan, terjadi persaingan yang ketat antara pasangan Rindu (Ridwan Kamil - UU Rhuzanul Ulum) dan Duo DM (Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi).

Diketahui sebanyak 37,3 persen responden memilih Kamil-Uu. Sementara 34,5 persen responden memilih Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi.

"Sedangkan elektabilitas Hasanuddin - Anton Charliyan (7,8 persen) dan Sudrajat - Ahmad Syaikhu (7,6 persen) terpaut cukup jauh berada di bawah," kata Direktur Eksekutif Yunarto Wijaya di Jakarta, Kamis (7/6).

Yunarto mengatakan, sulit menyimpulkan bahwa Pilgub Jawa Barat akan dimenangkan oleh pasangan Rindu. Pasalnya, selisih antara pasangan Kamil-UU dan Pasangan Deddy - Dedi masih berada di margin of error.

"Selisih dari pasangan Ridwan Kamil dengan Deddy Mizwar itu ada di angka 2,8 persen, sementara dengan jumlah 1200 responden margin of error-nya 2,83 persen. Sehingga ini tidak bisa dikatakan pemeringkatan," jelasnya.

Semetara itu dari penguasaan wilayah sub kultur, pasangan Kamil - Uu unggul di Bandung Raya, Priangan Barat, dan Priangan Timur. Sementara Deddy - Dedi menguasai wilayah Cirebonan, Karawangan, dan Megapolitan.

Untuk diketahui ,pengumpulan data dilakukan pada 23 - 29 Mei 2018 melalui wawancara tatap muka. Jumlah responden yang terlibat dalam survei kali ini yaitu 1.200 responden dengan margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Indikator Politik Indonesia (Indikator) juga merilis hasil survei yang dilakukan selama Maret hingga Mei 2018. Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan, ketika responden disodorkan siapa calon gubernur yang dipilih tanpa ada pilihan nama, Ridwan Kamil diketahui unggul dengan 25,8 persen. Sementara itu, Deddy Mizwar dipilih sebanyak 15,5 persen responden.

"Kita enggak kasih pilihan (nama) apa pun untuk melihat seberapa spontan masyarakat," kata Burhanuddin, Rabu (6/6).

Burhanuddin menjelaskan, ketika disimulasikan dengan mengerucutkan keempat nama calon gubernur tanpa ada nama calon wakil gubernur, Ridwan Kamil tetap unggul dengan perolehan 39,5 persen. Sementara itu, Deddy Mizwar memperoleh 36,3 persen, Sudrajat 3,2 persen, dan TB Hasanuddin 2,9 persen.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement