Sabtu 02 Jun 2018 20:41 WIB

Sandiaga Targetkan 1 Juta Orang dari Wisata Halal

Wagub DKI tidak mau 'muluk-muluk' dalam menargetkan wisata halal.

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bayu Hermawan
Sandiaga Uno
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan 1 juta wisatawan akan berkunjung ke Ibu Kota dalam lima tahun ke depan berbasis wisata halal. Ia optimis target itu tercapai meski diakuinya angka yang dipatok tersebut cukup 'muluk-muluk'.

"1 juta wisatawan halal yang akan kami coba dapatkan lima tahun kedepan merupakan salah satu target yang walaupun terkesan ambisisus tapi bisa tercapai, saya yakin bisa tercapai," katanya di Jakarta, Sabtu (2/6).

Menurutnya, target tersebut bisa tercapai jika kolaborasi dengan semua pihak berjalan dengan baik. Kerjasama ini harus dipupuk dari awal dan dimulai secepatnya untuk merealisasikan harapan menarik wisatawan halal dalam tempo lima tahun mendatang. Di sisi lain, kata dia, pasar wisata halal masih sangat terbatas.

"Kita belum ke pasar Timur Tengah, ke pasar Asia Utara, belum kita ke Asia Tenggara dan di Afrika Utara belum kita jamah semua sama sekali. Padahal kita punya banyak sekali peluang disana," ujarnya.

Sandi menambahkan, hampir semua destinasi di Jakarta bisa disulap menjadi wisata halal. Dia mencontohkan makam Pangeran Jayakarta. Ada Masjid Luar Batang, Setu Babakan hingga Kepulauan Seribu bisa digarap dengan baik.

"Kepulauan Seribu itu Maldives-nya Indonesia. Sekarang bisa kita lihat pulau mengubah menjadi destinasi halal yaitu Pulau Macan. Transformasi dari pariwisata di Indonesia untuk mendiversifikasi produk-produknya sehingga lebih cepat tercipta," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement