Jumat 18 May 2018 16:14 WIB

Nanti Malam Tiga Perempatan Jalan Mampang Ditutup

Uji coba penutupan dilakukan mulai pukul 22.00 WIB.

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah kendaraan melintas di Lintas Bawah (Underpass) Mampang Kuningan saat uji coba di Jakarta, Rabu (11/4).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah kendaraan melintas di Lintas Bawah (Underpass) Mampang Kuningan saat uji coba di Jakarta, Rabu (11/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menutup tiga perempatan sepanjang Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Penutupan dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas dalam mengurai kemacetan setelah dioperasikannya jalur lintas bawah atau underpass Mampang-Kuningan.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Sigit Widjatmoko mengatakan, pengaturan beberapa simpang atau perempatan ini perlu dilakukan sebagai upaya memaksimalkan kelancaran arus lalu lintas dari Kuningan hingga Jalan Buncit Raya. Cara ini, kata dia, diyakini akan meningkatkan kinerja jaringan di Jalan Buncit Raya.

"Uji coba penutupan tiga simpang di Jalan Mampang Prapatan Raya akan dilaksanakan tanggal 18 Mei 2018 mulai pukul 22.00 WIB," kata dia saat dikonfirmasi, Jumat (18/5).

Rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan sesuai dengan tahapan pembangunan simpang susun Antasari sebagai berikut:

1. Penutupan simpang Jalan Mampang Prapatan Raya-Jalan Mampang Prapatan 7-Jalan Mampang Prapatan 8:

* Lalu lintas dari arah utara (Kuningan) menuju barat yang semula belok kanan menuju Jalan Mampang Prapatan 7, dialihkan berputar di putaran depan Garansindo.

* Lalu lintas dari arah timur (Mampang Prapatan 8) menuju barat dan utara yang semula belok kanan menuju Kuningan dan lurus menuju Jalan Mampang Prapatan 7, dialihkan belok kiri, kemudian berputar di putaran depan Garansindo.

* Lalu lintas dari arah barat (Mampang Prapatan 7) menuju selatan yang semula belok kanan menuju Ragunan, dialihkan belok kiri, kemudian berputar di atas putaran lintas bawah Mampang.

2. Penutupan simpang Jalan Mampang Prapatan Raya-Jalan Duren Tiga Raya-Jalan Kemang Utara 9:

* Lalu lintas dari arah utara (Kuningan) menuju barat yang semula belok kanan menuju Jalan Kemang Utara 9, dialihkan berputar di putaran depan Garansindo.

* Lalu lintas dari arah timur (Duren Tiga Raya) menuju barat dan utara yang semula belok kanan menuju Kuningan dan lurus menuju Jalan Kemang Utara 9, dialihkan belok kiri, lalu berputar di putaran depan Garansindo.

* Lalu lintas dari arah barat (Kemang Utara 9) menuju selatan yang semula belok kanan menuju Ragunan, dialihkan belok kiri, lalu berputar di atas putaran lintas bawah Mampang.

3. Penutupan simpang Jalan Mampang Prapatan Raya-Jalan Duren Bangka-Jalan Duren Tiga Selatan:

* Lalu lintas dari arah utara (Kuningan) menuju barat yang semula belok kanan menuju Jalan Duren Bangka, dialihkan berputar di putaran depan Garansindo.

* Lalu lintas dari arah timur (Duren Tiga Selatan) menuju barat dan utara yang semula belok kanan menuju Kuningan dan lurus menuju Jalan Duren Bangka, dialihkan belok kiri, kemudian berputar di putaran depan Garasindo.

* Lalu lintas dari arah barat (Duren Bangka) menuju selatan yang semula belok kanan menuju Ragunan, dialihkan belok kiri, kemudian berputar di atas putaran lintas bawah Mampang.

Adanya rekayasa lalu lintas ini juga membuat bus Kopaja 57 jurusan Blok M-Kampung Rambutan harus menyesuaikan rute perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement