Jumat 27 Apr 2018 20:40 WIB

Teten Pastikan Fungsi Bulog Berjalan Sesuai Arahan Presiden

Teten mengatakan harga dan suplai beras harus stabil agar tidak ada pergolakan harga

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Bilal Ramadhan
Teten Masduki
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Teten Masduki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teten Masduki dipilih sebagai Ketua Dewan Pengawas Bulog. Pemilihan Teten tertera dalam Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-116/MBU/04/2018. Teten menuturkan, pemilihan dia menjadi Ketua Dewan Pengawas Bulog bisa jadi karena saat dirinya duduk sebagai Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), dia aktif mengawasi permasalahan perberasan.

Meski demikian, dia bersyukur dan akan bekerja seoptimal mungkin dalam mengawasi kinerja Bulog agar sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo. Kalau arahan presiden supaya Bulog bisa memastikan ketahanan dan suplai pangan, terus distribusi beras memadai.

"Terutama beras karena ini (bahan pangan) konsumsi masyarakat banyak yang cukup tinggi (kebutuhannya) dalam setahun," ujar Teten dihubungi Republika.co.id, Jumat (27/4).

Teten menjelaskan, fungsi Bulog sebenarnya sudah jelas salah satunya memastikan suplai beras untuk masyarakat memadai dengan harga yang terjangkau. Selain itu harga dan suplai beras pun harus stabil agar tidak ada pergolakan harga.

Terkait pemilihannya menjadi Ketua Dewan Pengawas Bulog, Teten menuturkan bahwa dalam sepekan ke belakang dia telah diminta untuk bisa duduk di jajaran dewan pengawas Bulog. Permintaan ini disampaikan Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Ya semingguan, tapi baru tadi pagi saya dikasih tahu bu Rini (Menteri BUMN)," katanya.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menetapkan Budi Waseso sebagai Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Perum Bulog), Jumat (27/4). Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro mengatakan, keputusan itu ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-115/MBU/04/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Umum Bulog.

Budi Waseso menggantikan Dirut Bulog sebelumnya, yaitu Djarot Kusumayakti. Selain itu, Triyana juga diangkat menjadi Direktur Keuangan Bulog menggantikan Pardiman.

Pada saat yang sama, kata Wahyu, Kementerian BUMN juga menetapkan Teten Masduki sebagai Ketua Dewan Pengawas Bulog menggantikan Sudar Sastro Atmojo. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-116/MBU/04/2018.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement