Kamis 19 Apr 2018 19:29 WIB

Hendropriyono Ingin Figur Muda Pimpin PKPI

Hendropriyono akan mendorong tokoh-tokoh muda untuk bertarung dalam pemilihan ketua.

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Jenderal TNI (purn) AM Hendropriyono menghadiri penetapan partai politik dan nomor urut partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Jumat (13/4).
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Jenderal TNI (purn) AM Hendropriyono menghadiri penetapan partai politik dan nomor urut partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Jumat (13/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono akan segera mundur dari posisinya saat ini. Selanjutnya, Hendropriyono akan mendorong tokoh-tokoh muda untuk bertarung dalam pemilihan ketua umum PKPI pada kongres luar biasa (KLB) yang akan digelar pada Mei 2018.

Hendropriyono mengungkapkan, dirinya mengundurkan diri setelah PKPI dipastikan lolos menjadi peserta Pemilu 2019. Menurutnya, PKPI butuh figur muda yang mampu menarik pemilih pada pemilu mendatang.

“Kami yang sudah tua cukup memayungi kader-kader muda untuk berkiprah dan terbang lebih tinggi di pentas politik tanah air. Setiap kader muda, silakan berkompetisi dalam Kongres Luar Biasa nanti,” kata Hendropriyono usai memberikan pengarahan di Markas Besar PKPI, Jl Diponegoro 63, Menteng, Jakarta, Kamis (19/4).

Meski menginginkan tokoh muda, Hendropriyono juga menegaskan bahwa tidak menutup peluang bagi generasi yang sudah matang untuk bersaing secara sehat. Hanya saja, dia meyakini PKPI saat ini lebih membutuhkan tokoh muda.

“Saya berkeyakinan, sekarang zamannya anak muda. Kalau tua kan tidah match dengan anak zaman now, tapi bila tokoh tua juga mau bersaing, ya silakan saja. Kita serahkan pada peserta kongres,” tambahnya.

Sementara itu, sejumlah nama kader muda PKPI mencuat ke permukaan menjelang KLB. Dari pengurus nasional terdapat nama Sekjen Imam Anshori Saleh dan Diaz Faisal Malik Hendropriyono. Orang dekat Try Soetrisno, Rully Soekarta juga meramaikan bursa calon ketua umum.

Sedangkan dari pengurus daerah terdapat nama Ketua DPP PKPI DKI Jakarta Miki Barrito Putra dan DR Ery Setyanegara (Ketua DPP Lampung). Bahkan, nama Haris Sudarno yang menjadi ketua PKPI versi Cut Meutia juga masuk dalam daftar bakal calon yang beredar.

Ketua DPP PKPI Lampung Ery Setyanegara yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya menyambut baik namanya masuk dalam bursa bakal calon. Namun, Ery memilih untuk mendukung figur muda untuk memimpin PKPI.

“Namun, hasil rapat kami di Lampung, para kader menyerahkan dukungan untuk Saudara Diaz Faisal Malik Hendropriyono. Kami juga meminta kepada rekan-rekan ketua DPP dan DPK seluruh Indonesia bermufakat memilih Mas Diaz,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement