Kamis 19 Apr 2018 19:39 WIB

Politikus PDIP: Puan Cawapres Prioritas dari Internal

Seluruh nama cawapres yang masuk akan digodok bersama partai koalisi.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ratna Puspita
Sukur Nababan (kanan) bersama Puan Maharani (kedua kanan).
Foto: ANTARA
Sukur Nababan (kanan) bersama Puan Maharani (kedua kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP bidang Pemuda dan Olahraga PDI Perjuangan Sukur Nababan menegaskan, partainya tetap mempertimbangkan calon wakil presiden (cawapres) dari internal partai untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan presiden (pilpres) 2019. Kader yang diproritaskan adalah Puan Maharani. 

Hal ini menjawab banyaknya partai koalisi yang mulai berebut posisi dan perhatian Jokowi. "Tentu Mbak Puan sebagai kader PDI Perjuangan jadi salah satu skala prioritas," kata Sukur kepada wartawan selepas menghadiri pemaparan survei Indo Barometer untuk Pilkada Jabar, Kamis (19/4).

Namun, ia memastikan, seluruh nama cawapres yang masuk, baik dari internal maupun partai koalisi, akan digodok bersama. Untuk syarat dan kriteria, menurut Sukur, yang paling utama memahami ideologi Pancasila dan perjuangan Bung Karno.

Saat ini, dia mengatakan, PDIP bersama partai koalisi pendukung Jokowi belum mengambil keputusan. Dia menambahkan, PDIP masih fokus memenangkan seluruh kader yang bertanding sebagai calon kepala daerah di 171 daerah. 

PDIP juga fokus menyiapkan calon anggota legislatif yang kuat, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. Dia menerangkan, PDIP menargetkan calon anggota legislatifnya menang dan mendapat kursi mayoritas terlebih dahulu. 

Selanjutnya, PDIP bersama partai koalisi membahas siapa cawapres yang layak disandingkan dengan Jokowi. "Jadi, belum saatnya untuk berdiskusi siapa cawapres sekarang," kata anggota Komisi V DPR RI ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement