Selasa 17 Apr 2018 12:25 WIB

Sandi Sebut Kampung Akuarium Dibangun Tahun Ini

Ada keinginan warga agar rumah di kampung akuarium dibangun rumah dua lantai.

Rep: Mas Alamil Huda / Red: Andi Nur Aminah
Susana Kampung Aquarium di Penjaringan, Jakarta Utara. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Susana Kampung Aquarium di Penjaringan, Jakarta Utara. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan akan membangun kembali hunian untuk warga di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Sandi menyebut pembangunan rumah permanen bagi warga akan dimulai tahun ini. "Rencananya akan dibangun tahun ini," kata dia di Jakarta, Selasa (17/4).

Sandi memastikan bahwa pembangunan akan banyak melibatkan warga. Pemprov akan menerima semua masukan termasuk keinginan warga dibangun rumah dua lantai. Rumah tersebut disebut Sandi sebagai bagian dari community action plan.

Maket rumah dua lantai tersebut telah diserahkan warga ke Gubernur Anies Baswedan saat peringatan dua tahun penggusuran Kampung Akuarium, Sabtu (14/4) lalu. Sandi mengatakan pemprov akan selalu mengedepankan dialog dengan warga.

Terkait status tanah di Kampung Akuarium, Sandi mengatakan hal tersebut bisa diselesaikan. "Banyak tanah negara menjadi rusunawa juga. Dan itu mereka juga sadar itu tanah negara, itu juga sudah dicoba di Marunda dan beberapa tempat lain juga, jadi tidak ada yang baru, mencoba berinovasi," katanya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi menilai, tempat sementara atau shelter yang kini sudah ditinggali warga Kampung Akuarium memang diperlukan untuk saat ini. Namun, menurutnya, yang lebih penting adalah kepastian segera kembalinya kampung dan kehidupan asli mereka sebagai seorang nelayan yang selama dua tahun terakhir terampas. "Yang penting konsepnya jelas dan tanahnya jangan bermasalah," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement