Senin 16 Apr 2018 14:29 WIB

Rinjani Jadi Geopark Dunia, TGB: Alhamdulillah

TGB yakin penetapan Rinjani menjadi Geopark Dunia akan membawa dampak positif.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi
Foto: Humas Pemprov NTB
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat TGB Muhammad Zainul Majdi bersyukur Gunung Rinjani di Pulau Lombok telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) atau Geopark Dunia. Pria yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu yakin penetapan Rinjani sebagai Geopark Dunia akan membawa dampak positif bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada panel UNSECO yang sudah menetapkan Rinjani sebagai UNESCO Global Geopark (UGG)," ujar TGB di Mataram, NTB, Senin (16/4).

TGB menyampaikan terima kasihnya juga kepada seluruh kepala daerah di kabupaten yang terkait dengan Gunung Rinjani. Ia juga berterima kasih kepada masyarakat NTB yang berdoa dan mengisi kegiatan-kegiatan dalam mendukung Rinjani sebagai Geopark Dunia.

"Saya harap Rinjani sebagai Geopark Dunia ini akan bisa menjadi salah satu keunggulan baru untuk eco tourism di NTB," kata TGB.

TGB menilai, penetapan Rinjani sebagai Geopark Dunia akan memiliki dampak yang besar. Namun, hal itu tentu tidak akan terlihat dalan waktu dekat atau secara instan. "Yang namanya Global Geopark itu pengakuan. Dampaknya pasti ada dan besar, tapi kalau dampak instan tidak kelihatan langsung. Begitu ditetapkan ramai-ramai, orang datang, tidak seperti itu juga," katanya menjelaskan.

Adanya penetapan ini, lanjut TGB, memiliki berbagai manfaat, antara lain, potensi daerah NTB akan bertambah, wisata akan lebih berkembang, tenaga kerja juga akan lebih banyak terserap, dan industri kreatif akan terus berkembang.

"Yang lebih penting dari itu, dari penetapan ini, kita akan lebih hati-hati dalam mengembangkan kawasan-kawasan penting di daerah kita. Kita harus jaga. Jangan sampai kualitas lingkungannya menurun," ucap TGB.

TGB menambahkan, setelah ditetapkan sebagai Geopark Dunia, hal itu tentu akan menghadapi tantangan sehingga perlu memastikan agar kualitas lingkungan ini, khususnya di pusat-pusat keramaian seperti di kawasan Gunung Rinjani yang menjadi jalur tracking, terjaga. TGB juga memberi perhatian khusus terhadap wilayah-wilayah yang dianjurkan menjadi daerah penyokong itu dilengkapi sarana-sarananya, terutama sarana umumnya.

"Kualitas lingkungan kita jaga. Jadi, ketika sudah jadi Global Geopark malu kita, jangan sampai isu kebersihan itu kemudian masih ada. Ayolah kita bantu diri kita. Kita bangun daerah kita dengan kekuatan kita. Kita jaga kehormatan daerah kita dengan tidak merusak daerah kita ini," kata TGB.

TGB mengajak seluruh masyarakat, pendaki, dan penikmat keindahan alam yang berkunjung ke Rinjani untuk bersama-sama menjaga kebersihan. "Siapa pun yang datang ke Rinjani, para pendaki gunung, penikmat keindahan alam, jangan mengotori daerah Rinjani. Jaga kebersihannya," kata TGB menambahkan.

(Baca: UNESCO Tetapkan Rinjani Jadi Geopark Dunia)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement