Rabu 04 Apr 2018 16:03 WIB

Menag Yakin Sukmawati tak Berniat Lecehkan Islam

Lukman mengatakan puisi memiliki interpretasi yang beragam

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Agama Lukman Hakim
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Menteri Agama Lukman Hakim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai Sukmawati Soekarnoputri tak berniat melecehkan ataupun menghina agama Islam. Ia pun mengaku mengenal putri Bung Karno tersebut cukup baik.

"Saya yakin, saya meyakini betul, saya mengenal bu Sukma cukup baik, dan saya yakin betul tidak ada itikad atau niatan sedikit pun dari beliau untuk melecehkan atau menghina. Beliau itu beragama Islam," ujar Lukman di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (4/4).

Lukman juga mengaku telah berkomunikasi dengan Sukmawati terkait puisinya tersebut. Dari komunikasi tersebut, ia yakin Sukmawati tak memiliki niatan untuk menyakiti umat Islam maupun melecehkan.

"Saya menyakini sepenuhnya bahwa tidak ada itikad sekecil atau sedikit pun dari beliau untuk, katakanlah menyakiti umat Islam atau melecehkan, apalagi menghina dan lain sebagainya dari puisi yang beliau buat," kata Lukman.

Lukman menilai, puisi yang berjudul 'Ibu Indonesia' itu merupakan ekspresi dari pikiran dan perasaan Sukmawati, serta menunjukan wawasan pengetahuan yang dimilikinya. Puisi pun, kata dia, juga memiliki intepretasi yang beragam. Sehingga, yang lebih memahami arti dari puisi tersebut hanyalah si penciptanya sendiri.

"Jadi sama sekali tidak ada tendensi atau niatan (Sukmawati) atau yang negatif kepada umat Islam," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement