Ahad 01 Apr 2018 17:56 WIB

Aher Resmikan Tiga Proyek Pembangunan di Sukabumi

Proyek pembangunan diresmikan bertepatan dengan HUT Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan meninjau gedung olahraga (GOR) Merdeka Kota Sukabumi yang baru diresmikan sebagai bagian realisasi janji kampanye sebagai gubernur membangun sarana olahraga Ahad (1/4).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan meninjau gedung olahraga (GOR) Merdeka Kota Sukabumi yang baru diresmikan sebagai bagian realisasi janji kampanye sebagai gubernur membangun sarana olahraga Ahad (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau sering disapa Aher meresmikan tiga proyek pembangunan di Kota Sukabumi Ahad (1/4). Momen tersebut dilangsungkan bersamaan dengan peringatan hari jadi Kota Sukabumi yang jatuh setiap 1 April.

Tiga proyek pembangunan yang diresmikan gubernur adalah Gedung Olahraga (GOR) Merdeka, Gedung Kesenian dan Gedung Rawat Jalan dan Rawat Inap di RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi. Peresmian ketiga gedung tersebut dilakukan Aher selepas menjadi inspektur upacara ulang tahun Kota Sukabumi ke-104 di Lapangan Merdeka.

Momen hari jadi ini diwarnai dengan peresmian proyek pembangunan di Kota Sukabumi yang berasal dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ujar Aher kepada wartawan. Menurut dia pembangunan GOR Merdeka di Lapangan Merdeka dan Gedung Kesenian adalah bentuk realisisasi dua dari delapan janji gubernur untuk membangun sarana olahraga dan kesenian di berbagai kabupatan atau kota di Jabar.

Sehingga kata Aher hal ini makin mengukuhkan penilaian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang disampaikan oleh Mengdarri beberapa waktu lalu. Di mana pada saat itu disampaikan Jabar dinilai sebagai daerah paling tinggi persentase pemenuhan janji kampanye gubernur dan wakil gubernurnya.

"Istimewanya proses pembangunan ini dilakukan oleh gubernur yang merupakan putra asli Sukabumi," kata Aher.

Ia menerangkan dari hasiil pantauanya di salah satu proyek pembangunan seperti GOR Merdeka sudah selesai dibangun sesuai kontrak. Meskipun pembangunannya belum tuntas dan untuk mencapai 100 persen dibutuhkan dana minimal Rp 5 miliar. Awalnya kata dia pemprov menyalurkan dana pembangunan GOR Merdeka sebesar Rp 25 miliar.

Dalam prakteknya ungkap Aher, ada kenaikan harga barang sehingga mengakibatkan belum tuntas. Harapannya sambung dia  paling lambat 2019 mendatang gedung ini bisa diselasaikan baik menggunkan dana APBD Kota Sukabumi maupun APBD Provinsi Jabar.

Aher menerangkan, bila gedung ini tuntas maka akan menjadi tempat olahraga paling membanggakan di Sukabumi. Sementara untuk proyek lainnya yakni gedung rawat inap dan rawat jalan bagi masyarakat kurang mampu di RSUD R Syamsudin SH merupakan wujud komitmen Pemprov Jabar dan Kota Sukabumi untuk meningkatkan perawataan layanan kesehatan. Hal ini merupakan instrument penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement