Sabtu 31 Mar 2018 00:34 WIB

Rifdah, Hafidzah Juara Dunia yang Harukan Balai Kota

Ia baru menjadi Juara II Musabaqoh Hifdzil Quran tingkat dunia di Yordania

Rep: Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Rifdah Farnidah (tengah), Juara II Musabaqoh Hifdzil Quran tingkat dunia.
Foto: Instagram
Rifdah Farnidah (tengah), Juara II Musabaqoh Hifdzil Quran tingkat dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suasana ruang depan Balai Kota DKI Jakarta mendadak hening dan khusyuk saat gadis berusia 22 tahun, Rifdah Farnidah, membacakan penggalan ayat suci Alquran Surat al-Hasyr ayat 18-24 di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (29/3) malam. Tak hanya memukau para ulama, habib, ustaz, dan ustazah yang hadir di ruangan, kejadian ini membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terharu.

Anies mengabadikan momen itu di akun resmi Instagram miliknya, yakni @aniesbaswedan. "Sebagian kita yang hadir mulai terlihat mengusap butiran air dari matanya," tulis dia dalam sebuah postingan berkode *ABW.

Dalam postingan yang diunggah Jumat (30/3), Anies mengatakan Rifdah baru kembali dari Yordania. Ia baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan merebut Juara II Musabaqoh Hifdzil Quran tingkat dunia. Anies menyebut gadis asal Sumedang, Jawa Barat itu merupakan satu-satunya juara yang bukan berasal dari Timur Tengah.

Di situs resmi Nahdlatul Ulama disebutkan, Rifdah bersaing dengan 29 peserta lain. Dikalahkan oleh juara pertama dari Aljazair, Rifdah berhasil mengungguli peserta lain asal Iran.

Sebelumnya, Rifdah telah menyabet tiga kali Juara I MHQ Nasional dan satu kali Juara II MHQ internasional. Ia juga pernah mengikuti kompetisi di kategori lain dan menjadi Juara I MTQ Nasional JQHNU golongan 5 juz di Kalimantan Barat pada 2012, Juara IMTQ Nasional golongan 10 juz di Nusa Tenggara Barat pada 2016, dan Juara I MTQ Nasional golongan 30 juz di Kalimantan Barat pada 2017.

Sederet prestasi yang dimiliki Rifdah menggugah hati tamu kehormatan yang juga seorang ulama asal Makkah, Syekh Khalid al-Hamoudi. Ia mengapresiasi prestasi Rifdah dengan memberikan hadiah berupa fasilitas ibadah haji. "Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji," tulis Anies mengutip pernyataan Syekh Khalid al-Hamoudi.

Tak cukup sampai di situ, Khalid juga mengangkat Rifdah sebagai anak angkatnya. Ia dianggap sebagai putri ketiga, adik dari dua anak perempuan Khalid yang juga hafidzah. "Kini saya punya tiga anak perempuan," kata Khalid.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement