Jumat 30 Mar 2018 14:17 WIB

Korban Kebakaran di Kembangan Mulai Mendapatkan Bantuan

Sudin Sosial Jakarta Barat akan mengoperasikan dapur umum hingga tiga hari kedepan

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nidia Zuraya
Warga membersihkan puing-puing bangunan pasca kebakaran di Kawasan Perumahan Taman Kota, Jakarta, Jumat (30/3).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Warga membersihkan puing-puing bangunan pasca kebakaran di Kawasan Perumahan Taman Kota, Jakarta, Jumat (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB) dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Barat mendistribusikan bantuan kepada korban kebakaran Taman Kota. Sebanyak 1.500 box makanan saji diberikan kepada korban pada Jumat (30/3).

"Ketika ada kabar terjadi kebakaran, Tim PSKB kami segera menyiapkan bantuan sementara. Dalam SOP kami 2 jam respontime bantuan sudah diberikan," kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Surya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Jumat.

Surya melanjutkan, makanan siap saji itu berasal dari dapur umum Suku Dinas Sosial Jakarta Barat dan akan dioperasikan hingga 3 hari ke depan. Pengoperasian dapur umum dapat ditambah waktunya sesuai kebutuhan dan permintaan.

Saat ini pihaknya pun telah mendistribusikan bantuan sementara berupa mi instan 60 dus, selimut 100 lembar, matras 60 lembar, terpal 50 lembar, dan celana dalam 200 pcs. Petugas juga telah mendirikan tenda pengungsian untuk para korban.

Selain itu, pihaknya dibantu oleh warga setempat dengan adanya Kampung Siaga Bencana (KSB) di daerah rawan bencana. KSB dikelola sendiri oleh warga namun bahan logistik dikirim dari Dinsos. Ini mempercepat bantuan sampai kepada korban.

"Bantuan-bantuan yang kami berikan itu sementara, apabila nanti ada kebutuhan yang perlu ditambah maka akan kami tambah, tim kami yang berada di lapangan sedang melakukan pendampingan dan koordinasi dengan aparat setempat," kata Surya.

Kebakaran terjadi di Perumahan Taman Kota, Blok A1, RT. 01 dan RT. 16, RW. 05, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat pada Kamis (29/3) sekitar pukul 18.00 WIB. Api baru bisa dipadamkan pada Jumat dini hari pukul 01.00 WIB. Sebanyak 300 rumah yang terdiri atas 600 kepala keluarga dan 2.500 jiwa penduduk menjadi korban dalam kebakaran ini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement