Jumat 30 Mar 2018 09:23 WIB

Ribuan Warga Boyolali Shalat Subuh Berjamaah dengan TGB

Semangat tinggi yang ditunjukkan jamaah membuat TGB takjub.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Ani Nursalikah
Ribuan warga di Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menunaikan shalat shubuh berjamaah bersama Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) di Masjid Riyadlul Jannah (MRJ), Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (30/3).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
Ribuan warga di Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menunaikan shalat shubuh berjamaah bersama Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) di Masjid Riyadlul Jannah (MRJ), Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Sedikitnya 3.000 jamaah mengikuti shalat subuh berjamaah bersama Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi di Masjid Riyadlul Jannah (MRJ), Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (30/3).

Angka 3.000 merupakan perkiraan minimal dari jumlah jamaah yang hadir. Pantauan Republika.co.id, jamaah tak hanya memadati area di dalam masjid, namun juga meluber hingga ke luar masjid dan gang-gang di sekitar masjid.

Shalat shubuh berjamaah yang dilanjutkan dengan kajian subuh menjadi agenda terakhir TGB selama berada di Jawa Tengah sejak Rabu (28/3). Kehadiran Gubernur NTB yang hafiz Alquran di MRJ sendiri mendapat sambutan meriah. TGB mendapatkan pengawalan dari Banser dan Kokam sejak menginjakkan kaki di Dukuh Ngreni, Simo, saat berjalan kaki menuju MRJ.

Meski hanya berada di sebuah kampung, aktivitas pemberdayaan umat di MRJ sungguh luar biasa. Panitia MRJ bahkan menyediakan 16 TV LED yang dipasang di sejumlah titik di luar masjid demi memanjakan jamaah untuk bisa menyaksikan tausiah TGB.

Tak hanya itu, panitia juga menyediakan sekitar 3.400 nasi bungkus untuk sarapan jamaah usai mendengarkan kajian subuh. MRJ juga memiliki unit koperasi, toko, hingga ambulans sendiri. Semangat tinggi yang ditunjukkan jamaah dan masyarakat sekitar MRJ membuat TGB takjub.

"Luar biasa, ini model masjid yang patut dicontoh," ujar TGB.

TGB tidak bisa menyembunyikan kekagumannya melihat semangat shalat subuh berjamaah yang begitu besar di kampung ini. Meski bangunan masjidnya tidak megah dengan ukuran yang juga tidak terlalu besar, TGB mengapresiasi semangat tinggi dalam menunaikan gerakan shalat shubuh berjamaah tersebut.

TGB menyinggung soal banyaknya jumlah masjid dan mushala di Indonesia yang sekitar 800 ribu masjid atau mushala, atau terbanyak di dunia. Namun, kata TGB, banyak masjid-masjid merindukan jamaahnya.

"Bukan hanya masjid yang megah dengan kapasitas ribuan (orang) tapi sepi. Pertanyaannya dengan jumlah masjid begitu banyak, kita yang membutuhkan masjid atau masjid yang membutuhkan kita (jamaah)," ucap TGB.

TGB juga mengajak jamaah MRJ terus memakmurkan masjid dengan menunaikan ibadah shalat berjamaah dan melakukan pemberdayaan ekonomi umat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement