Selasa 27 Mar 2018 14:01 WIB

Prabowo dan Gatot Bertemu, PAN: Belum Bentuk Koalisi Baru

Gatot menyatakan siap untuk diusung sebagai calon presiden dari Partai Gerindra.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andri Saubani
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Foto: dok. Istimewa
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Daulay menilai pertemuan antara Gatot Nurmantyo dan tokoh Partai Gerindra Prabowo Subianto belum akan mengarah ke koalisi baru. Pertemuan itu dinilai baru sebatas silaturahim.

"Sebetulnya sah-sah saja orang melakukan silaturahmi seperti itu, apalagi tokoh-tokoh bangsa. Apakah itu akan membentuk suatu koalisi baru, saya kira belum mengarah ke situ, karena itu masih silaturahim biasa saja," ujar Saleh kepada Republika.co.id, Selasa (27/3).

Menurut Saleh, untuk koalisi perlu melibatkan partai politik lainnya, tidak mungkin hanya Gerindra. Ia meyakini saat ini hasil dari pertemuan kedua tokoh tersebut baru sekedar membicarakan politik kebangsaan dan belum mengerucut membentuk suatu koalisi baru. Begitupun safari politik yang dilakukan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Pak Zul juga, silaturahim ke semua pihak. Biasa saja untuk memikirkan bangsa ini. Siapa yang dianggap bisa memberikan solusi ke bangsa ini," tutur Saleh.

Meskipun begitu, menurut Saleh, koalisi antara militer dan militer pada pilpres bukan menjadi persoalan. Hal ini berkaca pada pemerintahan pada masa Presiden Soeharto. Dari enam wakil presiden, hanya BJ Habibie yang berasal dari non-militer. "Jadi tidak ada masalah selama kinerjanya bagus dan bisa dipertanggungjawabkan," kata Saleh.

Politisi Partai Gerindra, Muhammad Syafi'i atau Romo, pada Kamis (22/3) mengakui ada pertemuan antara Prabowo dan Gatot. Kata dia, Jenderal Gatot Nurmantyo berkunjung ke Partai Gerindra. Pada pertemuan tersebut, Gatot menyatakan siap untuk diusung sebagai calon presiden dari Partai Gerindra.

Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria, mengatakan Prabowo memang banyak bertemu dengan tokoh-tokoh nasional dari lintas bidang. Termasuk, pertemuan Prabowo dengan Gatot Nurmantyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement