Senin 26 Mar 2018 18:32 WIB

Pesan Terakhir Probosutedjo untuk Golkar

Priyo Budi Santoso diingatkan agar Golkar kembali ke wong cilik.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Jenazah Alm Probosutedjo dibawa menuju mobil jenazah menuju Yogyakarta untuk dikebumikan dari kediaman di Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta, Senin (26/3).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Jenazah Alm Probosutedjo dibawa menuju mobil jenazah menuju Yogyakarta untuk dikebumikan dari kediaman di Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta, Senin (26/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Politikus Golkar Priyo Budi Santoso tampak hadir di kediaman rumah duka Probosutedjo, adik mendiang Presiden kedua RI Soeharto yang meninggal dunia pada Senin (26/3) pagi. Kepada wartawan, mantan wakil ketua DPR RI itu menyebut terakhir bertemu dengan Probo di kediaman yang sama, dengan disuguhi lumpia khas Semarang.

“Saya bertemu beliau terakhir ketika saya mau maju sebagai Ketua Umum Golkar di Munas Bali. Saya diterima langsung di kediaman ini dan disuguhi lumpia rebung khas Semarang ada lomboknya,” tutur Priyo kepada awak media, Senin, sesaat sebelum jenazah Probo dibawa ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Ia juga menceritakan sosok Probo yang berkomitmen tinggi dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat kecil. “Saya tangkap kesan beliau orang baik dan punya komitmen yang tak luntur meski sudah sepuh mengenai keprihatinan dan pemihakan kepada wong cilik. Itu jelas sekali kenegaraan beliau,” ujarnya.

Ia menuturkan, ada beberapa pesan khusus yang disampaikan oleh Probo kepada dirinya. Salah satunya adalah mengembalikan Partai Golkar kembali kepada akar dan juga substansinya. ”Yang dititipkan kepada  saya saat itu adalah jangan lupa untuk mengembalikan Golkar ke akarnya. Ke substansinya. Ke wong cilik,” tuturnya,

Priyo mengaku sangat kehilangan sosok Probo. Saat itu ia melihat wajah Probo pada ujung usianya sangat berseri. “Beliau banyak wakafkan harta utk kepentingan rakyat kecil dan agama. Beliau amalnya banyak,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartato mengatakan sosok Probo merupakan sosok yang sangat menginspirasi pengusaha-pengusaha lain. Hal itu dikatakannya juga pada saat kunjungannya dalam rangka melayat di kediaman rumah duka sebelum jenazah Probo diberangkatkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

“Beliau kan salah satu pengusaha nasional. Tentu pada waktu itu, aktif juga di berbagai organisasi pengusaha nasional. Tentu memberikan banyak inspirasi kepada pengusaha-pengusaha nasional yang lebih muda, tentu sosok beliau sebagai inspirator itu lah yang dikenang para pengusaha,” ungkapnya.

Ia menuturkan Probo sangat membantu dan mendorong para pengusaha untuk bergerak lebih maju lagi. “Karena pada waktu itu kan untuk menjadi pengusaha itu tidak mudah. Beliau mendorong agar pengusaha nasional untuk bergerak di kancah nasional,” tuturnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement