Jumat 09 Mar 2018 23:33 WIB

PBB Garut Buka Pendaftaran Bakal Calon Legislatif

Pendaftaran digelar di setiap kota/kabupaten maupun tingkat provinsi di Indonesia.

Partai Bulan Bintang
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Partai Bulan Bintang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Garut membuka pendaftaran bakal calon legislatif pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut maupun Provinsi Jawa Barat. Pendaftaran bisa diikuti oleh masyarakat umum di Garut.

"PBB mulai membuka rekrutmen bakal calon legislatif di tingkat kabupaten dan provinsi," kata Ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilihan Umum (Kappilu) PBB Kabupaten Garut, Imam Faturahman kepada wartawan di Garut, Jumat (9/3).

Ia menuturkan, pendaftaran bakal calon legislatif itu merupakan keputusan PBB Pusat. Secara serempak, pendaftaran digelar di setiap kota/kabupaten maupun tingkat provinsi di Indonesia mulai Senin (12/3) hingga 30 hari ke depan.

Pendaftaran, kata dia, terbuka untuk umum tanpa melihat latarbelakang pendidikan. Bahkan, dia menambahkan, untuk di daerah tertentu seperti bagian timur Indonesia terbuka untuk bakal calon bukan muslim. 

Ia menyampaikan, partai politik seperti halnya PBB membutuhkan kekuatan kursi di tingkat DPR RI maupun di daerah untuk bergerak menunjukan kekuatan wakil rakyat dalam membangun Indonesia yang lebih baik. "Kami membuka karena itu instruksi ketua umum, pendaftaran gratis tidak dipungut biaya apapun," katanya.

photo
Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra bersama Sekjen PBB Ferry Afriansyah Noor menunjukan nomor urut sembilan belas saat acara Pengundian Nomor Urut Peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Ahad (18/2). (Republika/Iman Firmansyah)

Kriteria bakal calon legislatif di Garut, kata dia, di antaranya harus siap melaksanakan visi misi prinsip Islam serta mengamalkannya di parlemen tingkat pusat, provinsi maupun daerah. “Kami tidak memfokuskan pada jenjang pendidikan apakah S-1 dan S-3 yang penting tamat aliyah pesantren tapi mempunyai kemampuan memahami Al-Quran, itu yang lebih diutamakan, dan pastinya tidak pernah terlibat hukum," katanya.

Wakil Ketua Komite Pemenangan Pemilihan Umum PBB Provinsi Jabar Diman Sudirman menambahkan, setelah dinyatakan lolos sebagai partai politik oleh Bawaslu, PBB serempak membuka pendaftaran bakal calon legisaltif untuk persiapan pemilu yang akan datang. Ia mempersilakan masyarakat yang tertarik menjadi anggota legislatif di tingkat Kabupaten Garut maupun Provinsi Jawa Barat untuk mendaftarkan diri ke Sekretariat PBB Garut Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.

"Jadi jalau mau daftar ke tingkat provinsi ambil saja formulirnya di Garut, bagi figur-figur, ormas yang cita-citanya sama dengan PBB untuk menegakan nilai-nilai Islam, mari gabung di PBB," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement